Sejarah Rahasia Riset iPod Khusus, Bisa Merekam Suara

Selasa, 18 Agustus 2020 | 18:14

iPod Classic generasi 5

Apakah kamu pernah menggunakan perangkat iPod? Pemutar musik digital buatan Apple ini sangat populer di awal tahun 2000.

Ternyata di balik popularitas iPod, Apple pernah bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat mengenai riset sebuah perangkat iPod khusus.

Riset ini dilakukan oleh US Department of Energy untuk membuat sebuah iPod yang khusus untuk dapat mereka suara tanpa ketahuan.

Setelah 15 tahun rahasia ini disimpan, David Shayer dari TidBits.com yang termasuk salah satu insinyur iPod membagikan rahasia tersebut.

Menurut David Shayer, dia diminta oleh atasannya untuk membantu 2 orang dari US Department of Energy di tahun 2005 untuk sebuah riset.

Riset tersebut berfokus pada menambahkan hardware khusus pada perangkat iPod yang dapat merekam data di piringan memori tanpa ketahuan.

Perangkat tersebut juga harus berfungsi seperti iPod pada umumnya dan tidak bisa diketahui dengan mudah bahwa ada fitur perekam suara di dalamnya.

They wanted to add some custom hardware to an iPod and record data from this custom hardware to the iPod’s disk in a way that couldn’t be easily detected. But it still had to look and work like a normal iPod.

They’d do all the work. My job was to provide any help they needed from Apple.

Tugas utama dari David Shayer adalah membantu kedua orang dari US Department of Energy untuk mempelajari hardware dan software dari iPod.

Bahkan Apple tidak memberikan iPod untuk tim US Department of Energy, mereka harus membeli sendiri hingga puluhan unit dalam rangka uji coba.

Apple didn’t provide them any hardware or software tools. I gave them the specs for the Windows computers they needed, along with the ARM compiler and JTAG debugger. They bought retail iPods to work on, several dozen at least, possibly many more.

Paul dan Matthew adalah insinyur dari US Department of Energy yang ditugaskan belajar kepada David Shayer untuk proyek ini.

Bagian favorit saya dari penjelasan David Shayer adalah cara menyembunyikan dokumen rahasia yang direkam oleh iPod.

Yaitu menggunakan partisi terpisah dari kapasitas penyimpanan 60GB di iPod.

Tujuannya adalah ketika iPod dihubungka ke iTunes, rekaman suara atau data rahasia tersebut tidak akan terbaca sama sekali.

We discussed the best way to hide the data they recorded. As a disk engineer, I suggested they make another partition on the disk to store their data. That way, even if someone plugged the modified iPod into a Mac or PC, iTunes would treat it as a normal iPod, and it would look like a normal iPod in the Mac Finder or Windows Explorer. They liked that, and a hidden partition it was.

Baca Juga: Purwarupa iPod Touch 1 dengan Bodi Hitam Mengkilat Beredar di Internet

iPod Classic generasi 5

Pada saat proyek ini berjalan, produk iPod yang paling baru adalah iPod Video atau dikenal sebagai iPod Classic generasi kelima.

David Shayer juga menambahkan bahwa iPod tersebut menjadi generasi terakhir yang tidak diamankan Apple dengan fitur pengamanan digital agar tidak bisa dioprek menggunakan sistem operasi di luar buatan Apple.

Mungkin hal ini memang berkaitan dengan kerjasama ke US Department of Energy mengenai fitur yang mereka perlukan.

Sepanjang pekerjaan rahasia yang dia lakukan, David Shayer tidak pernah melihat sedikit pun produk hardware yang dikembangkan oleh Paul dan Matthew.

Dia juga diminta oleh Apple untuk tidak bertanya terlalu jauh atau menanyakan tujuan dari teknologi rahasia yang digunakan.

Baca Juga: Bapak iPod Tony Fadell Beberkan Sejarah Persiapan Rilis iPod Dalam Waktu Singkat

Singkat cerita, David Shayer membantu Paul dan Matthew hingga selesai bertugas dan tidak mengetahui wujud perangkat yang dibuat oleh US Department of Energy .

Menurut analisanya, US Department of Energy membuat sebuah alat perekam yang ringan, mudah dibawa dan tidak mencurigakan agar dapat dibawa ketika diperlukan.

Saat itu iPod adalah gadget dengan ukuran cukup besar dan punya ruang cukup untuk penambahan hardware khusus untuk dibuat purwarupa proyek khusus ini.

David Shayer juga menjelaskan iPod Classic generasi kelima punya memori sebesar 60GB yang sangat besar di masanya dan bisa dioprek dengan cukup mudah.

Contohnya adalah ketika kamu membuka iPod Classic generasi kelima ini, tidak banyak bekas kerusakan yang akan terjadi. Berbeda dengan iPod Nano yang didesain sangat tipis dan mudah rusak jika dibongkar.

Sebagai penutup, David Shayer juga menjelaskan bahwa sepanjang 15 tahun ini hanya 4 orang termasuk dirinya yang mengetahui pekerjaan khusus ini.

Keempat orang tersebut sudah berhenti kerja dan proyek rahasia ini sudah dikubur selama lebih dari 1 dekade sehingga dia akhirnya bisa menceritakannya.

Editor : Bagus Hernawan