Apple Kenalkan iPad Air 4 dengan CPU A14 Bionic dan Touch ID di Home Button

Rabu, 16 September 2020 | 02:10

iPad Air 4 dengan 5 warna

Apple telah mengenalkan 2 produk iPad terbaru di Apple Event September 2020.

Salah satunya adalah iPad Air generasi keempat yang membawa perubahan paling menarik dan signifikan.

Beberapa diantaranya addalah CPU A14 Bionic, Touch ID di Home Button dan juga tampilan layar penuh serta hadir dalam 5 warna.

Produk tablet ini menjadi perangkat iOS pertama yang menggunakan CPU generasi terbaru yaitu Apple A14 Bionic.

Apa saja hal menarik di iPad Air 4? Yuk simak di rangkuman MakeMac!

Selamat Datang iPad Air 4!

iPad Air 4

Tahun ini Apple merayakan 10 tahun perangkat iPad tersedia untuk para Apple Fanboy. Dalam moment spesial ini Apple akhirnya merilis perangkat iPad Air 4 yang mempunyai banyak fitur baru dan paling diunggulkan.

Secara tampilan, iPad Air 4 menggunakan ukuran diagonal layar sebesar 10,9 inci dan dalam format layar penuh alias fullscreen berteknologi Liquid Retina Display.

Layar ini juga dibekali dengan teknologi standar produk Apple yang sebelumnya sudah pasti kamu kenal, P3 Wide Color, True Tone dan Anti-Reflective Coating di layar yang menyimpan 3,8 juta piksel.

Untuk pertama kalinya, Apple menghadirkan perangkat iPad Air dengan 5 piliihan warna. Yaitu Silver, Space Gray, Rose Gold, Green dan Sky Blue.

CPU A14 Bionic

CPU A14 Bionic

iPad Air 4 dibekali dengan CPU terbaru yaitu CPU A14 Bionic. Teknologi fabrikasi yang digunakan adalah teknologi terbaru dengan format 5 nano meter saja untuk setiap transistor yang digunakan.

Total CPU A14 Bionic mempunyai 11,8 miliar transistor yang dapat meningkatkan performa dan tetap hemat daya penggunaan.

CPU A14 Bionic dibekali dengan 6-Core untuk peningkatan kinerja CPU sebesar 40 persen. Sedangkan di sisi grafis menggunakan 4-Core untuk peningkatan grafis sebesar 30 persen.

Sedangkan untuk bagian Neura Engine, CPU ini dilengkapi dengan 16-Core Neural Engine yang dua kali lebih cepat. Sehingga mampu melakukan 11 triliun operasi per detik untuk digunakan bersama teknologi Machine Learning.

A14 Bionic juga dilengkapi Machine Learning Accelerator generasi kedua untuk membuat kalkulasi Machine Learning hingga 10x lebih cepat.

Peningkatan Kamera dan Audio

Kamera 12MP di iPad Air 4

iPad Air dilengkap dengan kamera depan yang menggunakan resolusi 7MP dan kamera belakang tunggal dengan resolusi 12MP yang juga mampu merekam video 4K.

Di sisi audio, iPad Air 4 menggunakan speaker stereo untuk digunakan dalam mode mendatar.

Koneksi output dan input yang ada di iPad Pro juga sudah menggunakan USB-C dengan kecepatan transfer data sebesar 5Gbps.

Dengan konektor USB-C, pengguna iPad Air 4 dapat menghubungkan gadget ini ke kamera digital, monitor eksternal resolusi hingga 4K, hard disk dan beragam perangkat lainnya secara lebih mudah.

Touch ID dan Smart Connector

Touch ID di Power Button iPad Air 4

Desain revolusioner dan menarik lainnya yang ada di iPad Air 4 adalah sensor keamanan yang digunakan.

iPad Air 4 menjadi produk Apple pertama yang menggunakan Touch ID di bagian Power Button.

Sama seperti di Touch ID yang selama ini kamu kenal pada bagian Home Button, sensor keamanan ini dapat digunakan untuk otentifikasi keamanan di Lock Screen, App Store, pembelian di Apple Pay dan lain sebagainya.

Apple juga menjelaskan bahwa iPad Air 4 memiliki Smart Connector di bagian belakang yang membuatnya dapat terhubung ke Magic Keyboard, Smart Keyboard Folio atau case Smart Folio.

Selain itu untuk kamu yang suka menggambar, iPad Air 4 juga mendukung untuk digunakan bersama Apple Pencil generasi kedua ya.

Sama seperti iPad Pro 2018 atau yang lebih baru, sisi tepian iPad Air 4 juga dilengkapi dengan magnet untuk mengisi baterai, menyimpan dan pairing ke Apple Pencil generasi kedua.

Harga dan Ketersediaan

iPad Air 4 dijual dengan 5 warna (Silver, Space Gray, Rose Gold, Green dan Sky Blue), 2 tipe koneksi (Wi-Fi dan Wi-Fi + LTE), serta 2 pilihan memori (64GB dan 256GB).

Harga yang diberikan adalah mulai dari $599 untuk Wi-Fi dan $729 untuk Wi-Fi + LTE.

Produk terbaru ini dapat mulai dipesan mulai bulan Oktober di Apple.com lewat layanan Apple Online Store di 30 negara yang mendukung.

Berikut ini daftar harga iPad Air 4 jika dilihat dari website Apple.com regional Amerikan Serikat.

  • iPad Air 4 Wi-Fi Only 64GB = $ 599
  • iPad Air 4 Wi-Fi Only 256GB = $ 749
  • iPad Air 4 Wi-Fi + LTE 64GB = $ 729
  • iPad Air 4 Wi-Fi + LTE 256GB = $ 879
Apakah kamu berencana membeli iPad Air 4 jika sudah tersedia di Indonesia? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan