Sepanjang Pandemi, Pengiriman Mac di Q3 2020 Mengalami Pertumbuhan

Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:27

MacBook Pro

Pengiriman komputer Mac di Q3 tahun 2020 mengalami pertumbuhan yang menarik.

Jika dibandingkan PC atau sejumlah merek komputer lain, Mac masih mengalami pertumbuhan di atas 5% dibandingkan Q3 tahun sebelumnya.

Data analisis ini dibagikan oleh Gartner (via MacRumors) yang mengumpulkan 5 merek PC dan Apple dalam catatan jumlah pengiriman dan Market Share.

Dapat kamu lihat pada tabel di atas, Apple telah mengirimkan 5,5 juta komputer Mac sepanjang Q3 2020 dengan Market Share 7,7%.

Angka ini bertambah sekitar 7,3% dibandingkan laporan kuartal tahun lalu yang mencapai jumlah 5,1 juta pengiriman Mac.

MacRumors
MacRumors

Pengiriman Mac di Q3 2020

Pertumbuhan paling tinggi dicapai oleh merek Acer dan Asus. Masing-masing meraih angka pertumbuhan kuartal tahunan sebesar 29,5% dan 12,9% dengan jumlah produk yang dikirim 5 juta dan 4,7 juta unit.

Menurut Gartnet, pandemi COVID–19 ini membuat banyak orang di dunia harus bekerja di rumah. Sehingga pertumbuhan pengiriman komputer mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

“This quarter had the strongest consumer PC demand that Gartner has seen in five years,”

“The market is no longer being measured in the number of PCs per household; rather, the dynamics have shifted to account for one PC per person. While PC supply chain disruptions tied to the COVID–19 pandemic have been largely resolved, this quarter saw shortages of key components, such as panels, as a result of this high consumer demand.”

Selain data di atas, Gartner juga membagikan prediksi penjualan produk komputer untuk pangsa pasar AS.

Pengiriman Mac di Q3 2020 di Amerika Serikat

Angka yang diraih Apple masih tetap stabil dengan peningkatan sebesar 7%, dengan angka pengiriman Mac sebesar 2,4 juga unit.

Merek lain dengan pertumbuhan paling besar adalah Acer yaitu 52% namun dengan jumlah penjualan hanya sebesar 713 ribu unit di Q3 2020.

Untuk merek yang berhasil menjual komputer dengan jumlah paling tinggi di Amerika Serikat dipegang oleh HP dan Dell lewat angkat 5,1 juta dan 4,1 juta unit.

Tag :

Editor : Bagus Hernawan