(Rumor) Apple Event November Kenalkan Tiga Mac dengan Apple Silicon

Selasa, 03 November 2020 | 08:41
Apple

Apple Silicon

Apple telah membagikan pengumuman untuk Apple Event 10 November dengan tagline One More Thing.

Acara ini kabarnya akan digunakan untuk mengenalkan komputer Mac dengan CPU buatan Apple, bernama Apple Silicon.

Dikutip dari Bloomberg, kabarnya Apple akan mengenalkan tiga Mac terbaru dengan Apple Silicone pada pekan depan.

Yaitu MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 16 inci. Selain penggunaan CPU Apple Silicon, kabarnya di bagian tampilan bodi tidak ada perubahan yang terlalu signifikan.

Laman sumber juga menjelaskan bahwa Foxconn akan menjadi perakit untuk MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci dengan inti Apple Silicon. Sedangkan MacBook Pro 16 inci akan digarap oleh Quanta Computer.

Untuk laptop ukuran 13 inci kabarnya sudah punya masa produksi yang lebih dahulu dan kemungkinan besar sudah siap dikenalkan pada Apple Event.

Baca Juga: Apple Umumkan Apple Event 10 November 'One More Thing'

The smaller models are further ahead in production and at least those two laptops will be shown at next week’s event. Beyond the processor switch, the devices won’t have significant design changes.

Beralih Dari Intel

Bagi kamu yang belum tahu, Apple Silicon akan menggantikan Intel yang sudah digunakan di komputer Mac sejak tahun 2005.

Apple beralih ke Apple Silicon yaitu CPU buatan sendiri di komputer Mac, setelah sukses dengan teknologi serupa di beragam produk lainnya.

Mulai dari iPhone, iPad, Apple Watch dan juga Apple TV, sebelumnya sudah menggunakan CPU buatan Apple.

Meskipun meninggalkan dari Intel, kabarnya hal ini tidak akan terlalu berdampak kepada perusahaan penyedia prosessor tersebut.

Karena selama ini Mac ada di bawah angka 10% dari pangsa pasar komputer pribadi di dunia. Dampaknya terhadap penjualan Intel tidak akan terlalu signifikan.

Baca Juga: Review MacBook Air 2020 dan MacBook Pro 2020, Pilih yang Mana?

Namun kabarnya rencana Apple ini membuat para pembuat chip di dunia mulai menunda proses manufaktur dan menunggu kehadiran Apple Silicon.

CPU Apple Silicon pertama kali dikenalkan pada WWDC20. Tujuan utama dari kehadiran Apple Silicon adalah membuat komputer Mac yang lebih bertenaga, terintegrasi dengan produk lainnya dan juga hemat baterai.

Apple akan melakukan proses transisi dari Intel ke Apple Silicon selama 2 tahun ke depan alias hingga tahun 2022.

Deretan komputer Mac yang sudah menggunakan CPU Intel juga tetap akan terus mendapatkan dukungan berupa update sistem operasi dan keamanan hingga beberapa tahun ke depan.

Editor : Bagus Hernawan