Apple Perpanjang Kerja Sama dengan (RED), Lawan HIV/AIDS dan COVID-19

Rabu, 02 Desember 2020 | 16:01
Apple Newsroom

iPhone dan Apple Watch dalam balutan warna PRODUCT(RED).

Apple resmi mengumumkan perpanjangan kerja sama dengan organisasi kemanusiaan (RED), Rabu (1/12).

Perang melawan HIV / AIDS yang belum selesai dan pandemi COVID-19 yang masih menyebar, jadi alasannya.

Sejak pertama kali bergabung pada 2006, kolaborasi Apple dan (RED) telah menghasilkan uang hampir $250 juta.

Baca Juga: Tim Cook Pastikan Apple Kirim Donasi untuk Kebakaran di California

Uang tersebut didonasikan untuk program HIV / AIDS Global Fund yang menawarkan layanan pencegahan, pengujian, dan konseling.

Apple juga telah menyediakan layanan perawatan dan distribusi 167 juta tes HIV / AIDS, serta akses untuk 13, 8 juta orang ke perawatan antiretroviral (ARV),

Tahun ini, tugas sedikit lebih berat. Selain HIV / AIDS, Apple dan (RED) juga berperang melawan virus COVID-19.

Baca Juga: Apple Music Sumbang $50 Juta untuk Bantu Keuangan Label Musik Indie

Pada awal tahun, program Global Fund COVID-19 Response pun telah digagas keduanya.

Dana yang terkumpul, digunakan untuk melakukan pelacakan kontak di Afrika Selatan dan sumbangan alat pelindung diri (APD) di Ghana.

Apple dan (RED) juga menyumbangkan sepeda motor ke masyarakat Ghana yang terdampak HIV, untuk memudahkan akses dalam mencari layanan kesehatan.

Sumbangan APD juga dilakukan Apple dan (RED) ke Kementerian Kesehatan Zambia, termasuk masker dan face shield yang dirancang khusus oleh Apple.

Pengumpulan Dana

Tahun ini, Apple telah meluncurkan iPhone 12 Series dan Apple Watch Series 6.

Keduanya, sama-sama memiliki varian warna spesial, yakni PRODUCT(RED).

Baca Juga: Apple Maps Bagikan Mobilitas Data untuk Bantu Pencegahan Covid-19

Hingga 30 Juni 2021, Apple mengonfirmasi bahwa hasil penjualan dari perangkat dengan varian warna tersebut, 100% akan disumbangkan ke Global Fund COVID-19 Response.

Khusus untuk iPhone 12 Series, warna PRODUCT(RED) hanya tersedia pada model iPhone 12 dan iPhone 12 Mini.

Selain itu, hingga 7 Desember 2020 mendatang, Apple akan menyumbangkan $1 untuk setiap pembelian perangkat dengan Apple Pay, baik secara online maupun offline.

Meningkatkan Kesadaran Lewat Kampanye

Apple tak ingin menjadi satu-satunya pihak yang peduli dengan masalah kesehatan ini.

Untuk itu, mereka kerap kali membuat kampanye tersirat melalui layanannya.

Di Apple Music misalnya, pengguna bisa mendengar lagu debut LADIPOE yang berjulu 'Jaiye (Time of Our Lives)'.

Baca Juga: Selama 13 Tahun Terakhir, Apple Sumbang $220 Juta Untuk Perangi AIDS

Ada pula wawancara eksklusif bersama LADIPOE, Aluna, dan Don Jazzy yang membahas perihal HIV / AIDS dan COVID-19.

Tak cuma lewat musik, Apple juga menghadirkan layanan berupa informasi tentang PRODUCT(RED) di App Store.

Kemudian, di Apple TV, pengguna juga bisa menemukan koleksi film dan series spersial hari AIDS Sedunia di tab 'Watch Now'.

Baca Juga: Apple Bakal Sumbangkan Hasil Penjualan iPhone SE untuk Lawan COVID-19

Sudah 14 tahun, Apple terus konsisten memerangi masalah kesehatan yang di dunia.

Kini, tonggak perjuangan akan terus berlanjut sampai beberapa tahun ke depan. (*)

Tag

Editor : Bagus Hernawan