Adobe Berhenti Mendukung Flash Player di Mac, Segera Uninstall

Senin, 04 Januari 2021 | 09:24
MakeMac

Adobe Flash Player di Mac

Adobe resmi menghentikan dukungan untuk Flash sebagai plugin di peramban untuk komputer Mac.

Dukungan ini resmi dihentikan mulai tanggal 1 Januari 2021. Sedangkan konten berbasis Flash akan dihentikan dukungannya pada Flash Player mulai tanggal 12 Januari 2021.

Rencana Adobe untuk berhenti mendukung Flash di macOS sudah dipersiapkan sejak tahun 2017 dan akhirnya kini tiba saatnya.

Flash sebelumnya menjadi salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh web developer beberapa tahun lalu. Namun sekarang kebanyakan pengembang website sudah beralih ke teknologi lain, sehingga penghentian dukungan Flash di macOS harusnya bukan menjadi masalah besar.

Bagi pengguna perangkat iPhone atau iPad, Apple selama ini tidak membuat dukungan untuk Flash di Safari sejak perangkat iOS rilis tahun 2007.

Uninstall Adobe Flash Player

Baca Juga: Review Photoshop Camera, Jepret dan Edit Foto dengan Efek Unik

Mendiang Steve Jobs selaku CEO Apple pernah mengatakan bahwa Flash menyimpan banyak masalah yang suatu saat akan dikeluhkan oleh para pengguna peramban di perangkat mobile.

Beberapa diantaranya adalah masalah keandalan, dukungan dengan situs berbasis seluler dan mengurasi baterai serta standar keamanan.

Sebelumnya Flash sempat menjadi masalah bagi pengguna Mac dan PC karena kasus malware yang berimbas pada keamanan pengguna.

Karena sekarang Flash sudah tidak mendukung macOS, pengguna dapat menghapus aplikasi tersebut di komputer dengan aman.

Jika kamu masih menginstal Adobe Flash Player, secara berkala aplikasi ini akan menampilkan peringatan seperti gambar di atas dan silakan tekan Uninstall untuk menghapus.

Editor : Bagus Hernawan