Mac dengan Apple M1 Spek 16GB RAM Tidak Dijual di Indonesia

Senin, 18 Januari 2021 | 13:06
Apple

MacBook Air M1

Komputer Mac dengan Apple M1 yang terbagi menjadi MacBook Air, MacBook Pro dan Mac mini telah dijual di Indonesia.

Ketiganya menggunakan spek yang sama di bagian hardware yaitu Apple M1 chip dengan 8‑core CPU, 8‑core GPU dan 16‑core Neural Engine serta 8GB RAM dengan teknologi unified memory alias memori terpadu.

Spek yang sedikit berbeda diberikan Apple pada MacBook Air M1 entry level yaitu menggunakan 7‑core GPU, sisanya tetap sama.

Dari pantauan tim MakeMac, Apple Authorized di Indonesia seperti iBox, Digimap dan Story-i tidak menjual Apple M1 dengan spek 16GB RAM. Padahal di YouTube, banyak Apple Fanboy dan reviewer gadget yang menggunakan spek tersebut.

Baca Juga: Komputer Mac Apple M1 Resmi Dijual di Indonesia! Harga Mulai 11 Jutaan

Kenapa Apple M1 dengan spek 16GB RAM tidak dijual di Indonesia?

Jawabannya adalah produk tersebut memang tidak dijual di Apple.com alias bukan spek standar. Semua Mac dengan Apple M1 memang hanya menggunakan spek 8GB RAM.

Untuk mendapatkan spek yang lebih tinggi misalkan 16GB RAM atau SSD hingga 2TB, pengguna harus melakukan pemesanan khusus lewat layanan Apple Online Store.

Komputer Mac yang dipesan dengan spek khusus di Apple.com biasa disebut Mac CTO (Custom To Order). Spek khusus ini hanya dapat dipesan di negara yang mendukung Apple Online Store. Contohnya adalah negara Singapura, Australia atau Amerika Serikat.

Jika dicek ke laman Apple Online Store regional Singapura, MacBook Pro Apple M1 dengan spek 16GB RAM dijual dengan harga lebih mahal sekitar 300SGD alias 3,2 juta Rupiah dibandingkan 8GB RAM.

MacBook Pro M1 spek 16GB RAM dan 2TB SSD

Sedangkan untuk upgrade SSD dari 512GB ke 1TB juga menggunakan harga 300SGD, lalu 2TB di harga 900SGD.

Sehingga jika dimaksimalkan, harga MBP Apple M1 dengan CTO spek 16GB RAM dan 2TB SSD menembus 3349SGD alias 35,2 juta Rupiah.

Sedangkan untuk MacBook Air Apple M1 dengan CTO spek 16GB RAM dan 2TB SSD ada di angka 2999SGD alias 31,5 juta Rupiah.

Terakhir untuk Mac Mini Apple M1 dengan CTO spek yang sama, ada di harga 2479SGD atau 30 juta Rupiah.

Apakah kamu berencana membeli Mac M1 CTO dengan spek 16GB RAM jika tinggal di negara yang mendukung Apple Online Store? Bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @makemac ya

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya