watchOS 7.3 Tambah Dukungan ECG di Jepang, Thailand dan Sejumlah Fitur

Rabu, 27 Januari 2021 | 09:00
Fauzan Alfi

ECG di watchOS 7.3

Selain update iOS 14.4 dan iPadOS 14.4, Apple juga merilis update untuk sistem operasi Apple Watch.

Menggunakan kode versi watchOS 7.3, update ini memberikan dukungan ECG yang diperluas ke beberapa negara.

Beberapa negara yang mulai mendukung ECG di update watchOS 7.3 adalah Jepang, Mayotte, Filipina dan Thailand. Keempatnya juga sekaligus mendapatkan fitur Irregular heart rhythm notifications yang memang berhubungan dengan fitur ECG.

Bagi kamu yang belum tahu, ECG alias elektrokardiogram adalah tes yang mencatat waktu dan kekuatan sinyal listrik yang membuat jantung berdetak. Fitur ini pertama kali dikenalkan bersama Apple Watch Series 4.

Baca Juga: Bukan Fitur Kesehatan, Blood Oxygen Apple Watch Lebih Bebas Daripada ECG

Dengan melihat data ECG, dokter dapat melihat apakah ada masalah dalam ritme detak jantung pasien yang mengarah pada gejalan Atrial Fibrillation, detak jantung terlalu kencang atau lemah dan juga beberapa masalah lain.

Karena fitur ini harus didaftarkan ke lembaga atau badan kesehatan di setiap negara, maka ECG belum dapat digunakan di semua regional.

Selain ECG, berikut ini fitur baru dan perbaikan di watchOS 7.3:

  • Unity watch face—inspired by the colors of the Pan-African Flag, the shapes change throughout the day as you move creating a face that’s unique to you
  • Time to Walk for Apple Fitness+ subscribers—an audio experience in the Workout app where guests share inspiring stories as you walk
  • ECG app on Apple Watch Series 4 or later in Japan, Mayotte, Philippines, and Thailand
  • Irregular heart rhythm notifications in Japan, Mayotte, Philippines, Taiwan, and Thailand
  • Fix for an issue where Control Center and Notification Center may be unresponsive when Zoom is enabled
Baca Juga: (Rumor) Apple Watch Series 7 Punya Sensor Deteksi Gula Darah

Sesuai dengan catatan di atas, watchOS 7.3 menambah Watch Face baru bernama Unity. Apple memberikan Watch Face ini sebagai perayaan Black History Month.

Fitur baru lainnya yang diberikan adalah Time to Walk untuk pengguna Apple Fitness+. Kegunaan dari fitur ini adalah mode Workout jalan kaki yang digabungkan dengan audio tentang cerita yang menginspirasi.

Sedangkan di perbaikan fitur, watchOS 7.3 telah membereskan masalah akses Control Center dan Notification Center bermasalah ketika kamu menggunakan aplikasi Zoom.

Yuk segera update watchOS 7.3! Kamu bisa mengunduh update ini secara langsung di perangkat Apple Watch atau gunakan aplikasi Watch di perangkat iOS.

Editor : Bagus Hernawan