Penjualan iPhone 12 mini Masih Sepi Peminat Hingga Awal Tahun 2021

Rabu, 10 Februari 2021 | 15:00
Apple

iPhone 12 mini

Perangkat iPhone 12 mini kabarnya masih sepi peminat hingga tengah bulan Januari 2021.

Dikutip dari Reuters via data analisis Counterpoint, iPhone 12 mini hanya menyumbang 5% penjualan dari total iPhone 12 selama awal tahun 2021 di negara Amerika Serikat.

iPhone 12 mini U.S. sales were just 5% of overall sales of its new phones during the first half of January, industry data provider Counterpoint said on Tuesday, adding to signs of muted demand for the new smaller version of its flagship device.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Kabarnya iPhone 12 mini kurang laku di pasaran Amerika Serikat karena sejak beberapa tahun ini pengguna mulai menikmati ponsel dengan ukuran besar.

Apalagi beragam konten video baik dengan mode vertikal dan mendatar, membuat ponsel dengan layar besar di atas 6 inci menjadi primadona.

Baca Juga: Apple Diprediksi akan Hentikan Produksi iPhone 12 Mini Q2 2021

Counterpoint juga membagikan grafik mengenai jumlah pengguna smartphone dengan layar di bawah 6 inci yang terus menurun sejak 2 tahun lalu.

Terlihat bahwa ponsel dengan layar di bawah 6 inci hanya digunakan oleh sekitar 10% pengguna saja.

William Yang dari J.P. Morgan juga pekan lalu telah membagikan catatan mengenai penjualan iPhone 12 mini yang sangat kecil. Namun untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, Apple kebanjiran peminat dan angkanya di atas prediksi para analis.

Sebelumnya Yang juga telah memprediksi bahwa iPhone 12 mini akan berhenti diproduksi pada Q2 2021 dan Apple akan fokus pada peningkatan produks iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Meskipun iPhone 12 mini kurang diminati Apple Fanboy, pengguna di pasaran Asia masih mendambakan ponsel dengan ukuran kecil.

Bagaimana dengan data penjualan iPhone 12 yang ada saat ini?

Dari laporan keuangan Q1 2021 yang dibagikan Apple, pendapatan dari penjualan iPhone tercatat sebesar $65,60 miliar. Rekor ini mengalahkan pendapatan iPhone paling tinggi sebelumnya di Q1 2018 yaitu ketika iPhone X meluncur di akhri tahun sebelumnya.

Apakah kamu termasuk pengguna iPhone 12 mini? Bagikan pendapat kamu mengenai iPhone dengna ukuran layar 5,4 inci ini di kolom komentar atau Tweet ke @makemac ya.

Editor : Bagus Hernawan