Picture in Picture YouTube.com Kembali Berfungsi di iOS 14.5 Beta

Kamis, 11 Februari 2021 | 15:06

YouTube PiP

Apakah kamu sering mengakses YouTube dari perangkat iPhone?

Kabarnya fitur Picture in Picture di YoTube lewat Safari, kembali dapat digunakan oleh pengguna iOS 14.5 beta.

Percobaan telah dilakukan sejumlah pengguna dengan mengakses YouTube.com lewat Safari, Firefox atau peramban lainnya pada perangkat iOS terbaru.

Setelah masuk ke mode layar penuh, pengguna bisa menekan ikon Picture in Picture dan keluar ke Homescreen namun video YouTube tetap dapat diputar.

Padahal jika menggunakan iOS 14.4 atau sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di YouTube.com saat kamu login dengan akun yang terdaftar YouTube Premium.

Dikutip dari MacRumors, belum ada penjelasan apapun dari YouTube maupun Apple mengenai hal ini.

Bisa saja perubahan code di iOS 14.5 membuat pembatasan fitur YouTube.com dengan Picture in Picture menjadi tidak berlaku.

It’s not clear what has caused YouTube website PiP support to be reinstated in the latest iOS 14.5 beta, but it’s likely that changes in Apple’s system-level code has broken whatever method YouTube implemented on its website to make the feature non-functional.

Baca Juga: Daftar Lengkap Fitur Baru yang Hadir di Update iOS 14.5 Beta

Jika hal tersebut benar, mungkin tidak lama lagi YouTube akan memperbaiki bug system ini dan menutup celah tersebut.

Fitur Picture in Picture mulai dibuka oleh Apple untuk pengembang aplikasi pihak ketiga sejak update iOS 14 rilis.

Dengan Picture in Picture, kamu bisa menonton film atau melakukan panggilan video dengan tampilan kecil sembari akses aplikasi lainnya.

Pada masa awal rilis iOS 14, YouTube dapat digunakan dengan Picture in Picture secara lancar dan tanpa akun berlangganan YouTube Premium.

Namun karena strategi monetisasi YouTube adalah YouTube Premium (bebas iklan, bisa digunakan di belakang layar), fitur tersebut segera ditutup untuk pengguna versi gratisan.

Editor : Bagus Hernawan