Loyalitas konsumen terhadap suatu brand dapat menjadi salah satu indikator kepuasan pelanggan terhadapbrand tersebut.
Apple dan Samsung merupakan 2 perusahaan teknologi yang memiliki brandingkuat dan banyak mendapatkan loyalitas dari penggunanya.
Namun jika dibandingkan, konsumen Apple memiliki loyalitas yang lebih tinggi daripada konsumen Samsung.
Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Apple, Samsung Dikabarkan Buat AR Glasses
Hasil survey terbaru dari SellCell mengungkapkan bahwa loyalitas konsumen Apple terhadap brand Apple lebih tinggi daripada loyalitas konsumen Samsung.
Hampir 92% pengguna iPhone berniat untuk tetap membeli iPhone lain ketika melakukan upgrade perangkat.
Persentase angka ini meningkat 1,5% dari survei tahun 2019 lalu yang menunjukan loyalitas konsumen Apple sebesar 90,5%.
Baca Juga: Puas Sindir Apple, Samsung Ikutan Hapus Charger di Kemasan Ponsel
Di sisi lain, Samsung mengalami penurunan loyalitas konsumen dari tahun 2019 lalu.
SellCell mengungkapkan bahwa hanya 74% konsumen Samsung yang berencana membeli model smartphone Samsung lain. Padahal, pada tahun 2019 lalu tingkat loyalitas konsumen Samsung berada di angka 85,7%.
Baca Juga: Ikuti Jejak AirTags Apple, Samsung Dikabarkan Buat Galaxy Smart Tag
Dalam survey SellCell, konsumen iPhone memberikan 4 alasan untuk tetap menggunakan iPhone, yakni:
- iPhone tidak pernah memiliki masalah yang merepotkan pengguna
- Beralih dari iOS ke Android terlalu rumit dan merepotkan
- Terkunci dalam ekosistem Apple
- Lebih suka berpegang pada produk-produk yang sudah mereka kenal
- Teknologi produk lain yang lebih baik
- Lebih menyukai desain produk lain
- Kelengkapan fitur dan harga
Sebagai informasi, SellCell merupakan sebuah perusahaan online yang menjual dan membeli produk-produk elektronik secara global.
Survei SellCell dilakukan secara online pada awal Maret 2021 dengan melibatkan lebih dari 5.000 pengguna di Amerika Serikat.
Tetap ikuti Make Mac untuk informasi-informasi menarik lainnya terkait produk Apple. (*)