HomePod mini Punya Sensor Suhu dan Kelembaban yang Belum Aktif

Selasa, 23 Maret 2021 | 17:32
Apple

HomePod mini

Perangkat smart speaker HomePod mini kabarnya punya sensor yang berfungsi untuk mendeteksi suhu ruangan dan kelembaban

Hal ini ditemukan oleh Bloomberg (via MacRumors) dan menjadi sebuah pemberitaan yang ramai di kalangan Apple Fanboy.

Pasalnya sensor suhu dan kelembaban ini belum dapat digunakan alias mungkin akan diaktifkan oleh Apple lewat update sistem operasi HomePod mini dalam waktu yang akan datang.

Mark Gurman dari Bloomberg menjelaskan bahwa Apple kemungkinan ingin menggunakan sensor ini untuk pengaturan tambahan di aksesoris HomeKit.

The company has internally discussed using the sensor to determine a room’s temperature and humidity so internet-connected thermostats can adjust different parts of a home based on current conditions, according to people familiar with the situation. The hardware could also let the ‌HomePod mini‌ automatically trigger other actions, say turning a fan on or off, depending on the temperature.

Nantinya jika sensor suhu dan kelembaban di HomePod mini sudah aktif, pengguna bisa melakukan beragam automisasi perangkat HomeKit yang berhubungan dengan hal tersebut.

Contohnya adalah mematikan pemanas ketika suhu ruangan mencapai angka tertentu atau hal lainnya.

Baca Juga: Hentikan Produksi HomePod, Apple akan Fokus Pada HomePod Mini

Bloomberg
Bloomberg

Sensor di HomePod mini

Dari catatan yang dibagikan MacRumors, sensor suhu dan kelembaban ini berukuran 1,5 mm persegi dan terletak di dekat kabel power.

Melihat posisinya, sensor ini dibuat untuk mengecek suhu dan kelembaban di ruangan sekitar, bukan untuk mengecek kondisi di dalam perangkat smart speaker.

Sebelumnya Apple juga pernah memberikan teknologi yang belum diaktifkan sejak rilis dan perlu beberapa waktu kemudian baru dapat digunakan.

Salah satu contohnya adalah Bluetooth di iPod Touch tahun 2008. Fitur ini baru diaktifkan lewat update iOS sekitar setahun kemudian.

Bagaimana pendapat kamu mengenai HomePod mini yang diam-diam punya sensor suhu dan kelembaban? Bagikan di kolom komentar ya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya