Selamat Ulang Tahun ke-20, Mac OS X! Sistem Operasi Era Mac Modern

Kamis, 25 Maret 2021 | 16:30
Wikipedia

Mac OS X Cheetah 10.0

Sistem operasi untuk komputer Mac di era modern pertama kali muncul dengan nama Mac OS X 10.0 alias Cheetah pada tahun 2001.

Tepatnya pada tanggal 21 Maret 2001, Apple mulai menjual Mac OS X Cheetah dengan harga $129 dengan desain yang revolusioner pada jamannya.

Yaitu tampilan ikonik yang bernama Aqua dengan efek seperti gelembung air, aplikasi Finder, Dock dan beragam lainnya.

Kini setelah 20 tahun, Apple masih mempertahankan beragam ciri khas dari Mac OS X yang hadir 2 dekade lalu.

Mac OS X dikenalkan oleh Steve Jobs pada Macworld Expo di bulan Januari tahun 2000.

Sistem operasi untuk komputer Mac ini dirilis lebih cepat dari iPod yang juga hadir tahun 2001. Baik iPod atau Mac OS X adalah produk yang rilis di masa awal Steve Jobs kembali ke Apple dan menjabat sebagai CEO.

Scott Forstall, salah satu mantan eksekutif Apple yang turut mengerjakan Mac OS X telah membagikan cuitan untuk ultah 2 dekade dari Cheetah.

Baca Juga: Surat Lamaran Steve Jobs Dilelang secara Online, Berminat Beli?

Mac OS X Cheetah pada masa tersebut banyak mendapat kritikan karena dianggap lambat dan kurang sempurna.

Namun Apple tidak tinggal diam, dalam waktu 6 bulan saja update berikutnya bernama Mac OS X 10.1 Puma dikenalkan dengan sejumlah fitur baru dan peningkatan penting.

Pada tahun 2012, Apple mengubah nama Mac OS X menjadi OS X dengan kehadiran OS X Mountain Lion.

Ciri khas dari Mountain Lion adalah tampilan lebih minimalis, melepaskan desain skeuomorphic ciri khas dari Scott Forstall.

Apple berhenti menjual Mac OS X alias memberikan secara gratis pada setiap komputer Mac baru atau yang mendukung lewat OS X Mavericks (2013).

Dikutip dari MacRumors, lewat Mavericks, Apple juga mulai berhenti menggunakan tradisi nama kucing besar untuk sistem operasi komputer Mac.

Sebelumnya secara lengkap daftar nama Mac OS X dari 10.1 hingga 10.8 adalah Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard, Snow Leopard, Lion, dan Mountain Lion.

Baca Juga: Sejarah Rahasia Riset iPod Khusus, Bisa Merekam Suara

Apple
Apple

macOS Big Sur

Setelah tidak menggunakan nama kucing besar, nama yang digunakan adalah Mavericks, Yosemite, El Capitan, Sierra, High Sierra, Mojave, Catalina dan Big Sur.

Nama MacOS X kembali diubah dengan menghilangkah X pada versi macOS Sierra di tahun 2016. Penggunaan nama ini dibuat agar lebih seragam dengan iOS yang di tahun berikutnya ditambahkan dengan tvOS dan watchOS.

Tahun lalu Apple merilis macOS Big Sur yang disebut versi dengan perubahan paling besar dibandingka 19 tahun sebelumnya.

Desain tampilan yang dibuat lebih minimalis, segar dan juga kaya warna.

macOS Big Sur juga menjadi versi pertama dari macOS yang mendukung Apple Silicon. Jika digunakan pada komputer Mac Apple M1, Big Sur dapat menjalankan aplikasi dari App Store untuk perangka iOS secara native.

Editor : Bagus Hernawan