iOS 14.5 Bawa Fitur Kalibrasi Battery Health Khusus iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max

Kamis, 01 April 2021 | 10:15
MakeMac

iPhone 11 Pro

Update iOS 14.5 akan membawa sebuah fitur khusus untuk pengguna perangkat iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Fitur ini bernama kalibrasi ulang baterai dan pengecekan kesehatan baterai.

Dalam catatan yang dibagikan di Apple Support, disebutkan bahwa iOS 14.5 akan melakukan kalibrasi ulang untuk baterai di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Tujuannya adalah memperbaiki indikator kapasitas baterai maksimum dan kemampuan kinerja puncak (peak performance capability) untuk membereskan masalah indikator yang tidak akurat dari pelaporan beberapa pengguna.

iOS 14.5, coming later this spring, includes an update where the battery health reporting system will recalibrate maximum battery capacity and peak performance capability on iPhone 11, iPhone 11 Pro, and iPhone 11 Pro Max to address inaccurate estimates of battery health reporting for some users. Symptoms of this bug include unexpected battery drain behavior or, in a small number of instances, reduced peak performance capability. This inaccurate battery health reporting does not reflect an issue with actual battery health.

Baca Juga: Daftar Harga dan Cara Ganti Baterai iPhone di Apple Store Singapura

Proses kalibrasi ulang baterai di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max ini akan berjalan secara otomatis setelah pengguna melakukan update ke iOS 14.5.

Nantinya di bagian Settings - General - Battery akan tampil pesan seperti gambar di bawah yang menunjukkan proses kalibrasi baterai akan dilakukan oleh sistem secara otomatis mengikuti pola pengisian baterai secara reguler dan memakan waktu beberapa pekan.

Apple Support
Apple Support

Kalibrasi ulang baterai iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Berikut ini pesan yang akan tampil dalam proses kalibrasi ulang baterai di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max:

Your battery health reporting system is recalibrating Maximum Capacity and Peak Performance Capability. This process may take a few weeks. Learn more…

Selama proses kalibrasi berlangsung, tampilan kapasitas baterai maksimal tidak akan mengalami perubahan.

Sedangkan indikator kemampuan kinerja puncak bisa mengalami perubahan namun beberapa pengguna mungkin tidak akan menyadari.

Jika sebelumnya ada pesan bahwa baterai mengalami degradasi, pesan ini akan dihapuskan begitu pengguna update ke iOS 14.5.

Baca Juga: iOS 14 Tambah Fitur Optimasi Pengisian Baterai untuk AirPods

Apple juga menjelaskan bahwa setelah kalibrasi selesai, indikator kapasitas baterai maksimal dan kemampuan kinerja puncak akan diperbarui. Setelah itu pesan bahwa baterai sedang melakukan kalibrasi juga akan dihapus secara otomatis.

Tetapi apabila setelah kalibrasi baterai menunjukkan bahwa kesehatan baterai menurun secara signifikan, pesan dengan keterangan servis baterai akan muncul.

Catatan terakhir juga menjelaskan bahwa dalam sejumlah kecil kasus, kalibrasi ulang baterai tidak berhasil dan menampilkan pesan baterai servis.

Jika ini terjadi di perangkat iPhone 11, iPhone 11 Pro atau iPhone 11 Pro Max yang kamu gunakan, pihak Apple Authorized Service Provider bisa mengganti baterai secara gratis untuk mengembalikan kinerja dan kapasitas baterai secara penuh.

Berikut ini pesan kalibrasi ulang baterai tidak berhasil dan bisa mendapatkan ganti baterai secaa gratis di Apple Authorized Service Provider.

Recalibration of the battery health reporting system was not successful. An Apple Authorized Service Provider can replace the battery free of charge to restore full performance and capacity. More about service options…

Bagaimana pendapat kamu mengenai fitur khusus kalibrasi ulang baterai di iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max untuk iOS 14.5? Bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @makemac ya.

Editor : Bagus Hernawan