Program Instagram for Kids Banyak Diprotes, Simak Alasannya!

Senin, 19 April 2021 | 11:09

Instagram

Rencana pengembangan program Instagram untuk Anak atau Instagram for Kids menuai banyak protes dari dari berbagai kalangan.

Melansir dari Theguardian.com, Facebook sedang menghadapi protes dari International Coalition of Children's Health terkait pengembangan Instagram for Kids.

Koalisi tersebut menuntut Facebook untuk membatalkan pengembangan Instagram for Kids demi kesehatan mental anak-anak.

Baca Juga: Facebook Bakal Rilis Versi Instagram untuk Anak Di Bawah 13 Tahun

TuntutanInternational Coalition of Children's Health berdasar pada penelitian yang mengungkapkan bahwa pengunaan perangkat digital dan media sosial yang berlebihan sangat berbahaya bagi anak-anak.

Instagram dianggap berbahaya bagi anak karena platform ini mengeksploitasi ketakutan anak dan mendorong mereka untuk terus memeriksa perangkat dan berbagi foto dengan pengikutnya.

Selain itu, Instagram juga memiliki algoritma yang berpotensi membuat anak terus mengakses foto atau video tanpa henti.

Hal tersebut menimbulkan kecanduan yang berdampak negatif pada perkembangan anak.

Instagram

Baca Juga: Lindungi Pengguna di Bawah Umur, Instagram Bakal Luncurkan Fitur Baru

Selain mendapat protes dariInternational Coalition of Children's Health, Facebook juga mendapat tentangan dari advokat indicidu, komunitas, dan peneliti.

Mereka menuntut Mark Zuckerberg untuk membatalkan program Instagram for Kids yang dinilai membahayakan dan merugikan generasi muda.

Pengembangan Instagram for Kids juga mendapat kriikan dari kalangan politisi.

Melansir dari 9to5mac.com, anggota Kongres Partai Demokrat menulis kepada Zuckerberg tentang keprihatinan yang mendalam tentang rencana pengembangan Instagram for Kids.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Fitur Toggle Switch Jumlah Likes di Postingan

Bagaimana pendapat kalian tentang protes terhadap rencana pengembangan Instagram for Kids ini? Bagikan di kolom komentar ya! (*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya