Hello iMac! Apple Rilis iMac M1: 7 Warna, 24 inci dan Audio Terbaik

Rabu, 21 April 2021 | 02:49
Apple

iMac M1

Acara Apple Event 20 Apri 2021 telah selesai digelar. Apple telah mengumumkan beragam produk baru dan layanan untuk para Apple Fanboy.

Salah satu pengumuman yang cukup panjang adalah produk Mac terbaru yang menggunakan CPU Apple M1 yaitu iMac.

Tidak seperti iMac yang menggunakan CPU Intel sejak 15 tahun lalu dengan bodi putih dan kotak tebal, kini Apple mengubah desainnya secara total dan membuat iMac menjadi sangat cantik.

iMac dengan CPU Apple M1 ini menggunakan ukuran diagonal layar 24 inci dalam resolusi 4,5K Retina Display, hadir dalam 7 pilihan warna dan bodi ekstra tipis serta teknologi audio terbaik.

Dalam catatan di Apple Newsroom, Greg Joswiak selaku senior vice president of Worldwide Marketing di Apple menjelaskan bahwa iMac M1 mengkombinasikan tampilan, kamera, kualitas audio dan performa chip terbaik dari semua iMac yang pernah ada.

“With its striking design in seven stunning colors, its immersive 4.5K Retina display, the best camera, mics, and speakers ever in a Mac, and Touch ID, combined with the amazing performance of M1 and the power of macOS Big Sur, the new iMac takes everything people love about iMac to an entirely new level.”

Apa saja detail terbaik dari iMac M1 yang dikenalkan oleh Apple? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Desain Bodi Baru

Apple
Apple

iMac M1 dengan 7 warna

iMac M1 hadir dengan desain bodi yang sepenuhnya baru dari setiap sudutnya.

Desain baru ini bisa dicapai berkat teknologi System on Chip di CPU Apple M1. Karena semua bagiannya terintegrasi, iMac M1 punya mesin yang sangat kecil dan diletakkan di bawah layar, bukan lagi di belakangnya.

Dengan desain baru ini, iMac M1 punya volume hingga 50 persen lebih kecil dari komputer generasi sebelumnya.

Pasti kamu sudah jatuh cinta dengan warna bodi iMac M1 kan? Saya juga!

Total ada 7 pilihan warna bodi iMac M1 yang dikenalkan oleh Apple yaitu green, yellow, orange, pink, purple, blue, dan silver. Semuanya mengingatkan saya pada iMac G3 buatan tahun 1998 yaitu 23 tahun silam.

Apple menjelaskan bahwa warna bodi iMac di sisi depan dibuat lebih lembut dan bingkai layar juga cukup tipis untuk membuat kamu fokus pada tampilan layar utama.

Sedangkan warna bodi bagian belakang dibuat lebih tebal dan berwarna sebagai bagian paling ikonik di produk ini.

Untuk membuat desainnya sangat sederhana, iMac M1 hanya menggunakan port Thunderbolt dan USB 4 di bagian belakang. Headphone jack dipindah ke tepian sebelah kiri karena kini ketebalannya sangat tipis yaitu 11,5 mm.

Untuk bagian kelistrikan, teknologi baru yang dibawa adalah power connector berbetuk seperti charger laptop Mac namun konektor ke iMac menggunakan tipe magnetik dengan kabel anyaman sepanjang 2 meter.

Di salah satu serinya, power connector untuk iMac M1 ini mendukung kabel Ethernet untuk membuat kamu dapat terhubung ke jaringan kabel LAN namun tetap rapi dan minimalis.

Layar 24 inci, Teknologi 4,5K Retina Display

Apple
Apple

iMac M1 layar 24 inci 4,5K Retina Display

iMac M1 menggunakan ukuran diagonal layar 24,5 inci yang hadir dalam resolusi 4,5K Retina Display sehingga mendukung tampilan gambar hingga 11,3 juta pixel.

Spek lain yang diberikan adalah P3 wide color gamut, kecerahan layar hingga 500 nits dan True Tone. Apple juga menjelaskan bahwa iMac M1 menggunakan anti-reflective coating di layar untuk menjamin kenyamanan pandangan dalam menonton film atau membaca teks.

Performa CPU Apple M1

Sama seperti MacBook Air, MacBook Pro dan Mac mini yang rilis tahun lalu, iMac terbaru menggunakan CPU Apple M1.

CPU yang dibuat khusus oleh Apple ini punya performa terbaik, mengalahkan beragam Mac dengan CPU Intel yang selama ini kamu kenal.

Apple juga menjelaskan Mac dengan M1 dapat menjalankan beragam aplikasi dari iPadOS dan iOS dengan lancar dan tanpa kendala.

Berikut ini perbandingan kecepatan iMac M1 dengan iMac Intel 21,5 inci generasi sebelumnya:

  • Performa CPU hingga 85 persen lebih cepat, sehingga pengguna dapat mengekspor proyek video favorit mereka di iMovie lebih cepat dari sebelumnya, bekerja dengan mudah dengan 100 megapiksel di Lightroom, dan menyusun aplikasi baru di Xcode dalam waktu singkat.
  • Performa GPU hingga 2x lebih cepat untuk aplikasi tertentu seperti Affinity Photo dan Photoshop, dan hingga 50 persen lebih cepat daripada grafis diskrit paling kuat di iMac 21,5 inci tercepat, memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan dalam waktu nyata atau menambahkan filter kompleks ke foto mereka dalam sekejap.
  • Kemampuan untuk mengedit hingga lima aliran rekaman 4K, atau satu aliran rekaman 8K, tanpa frame drop di Final Cut Pro.
  • Machine learning hingga 3x lebih cepat dalam aplikasi yang memanfaatkan Neural Engine 16-core di M1.

Kamera dan Audio Terbaik

iMac M1 hadir dengan FaceTime Camera yang mendukung resolusi 1080p.

Tidak sekedar kamera resolusi lebih tinggi, iMac M1 juga mendukung pemrosesan video dan gambar dari kamera menggunakan image signal processor dan Neural Engine untuk teknologi noise reduction, peningkatan dynamic range hingga mode auto exposure dan white balance.

Untuk mendukung bagian kamera, iMac M1 juga dilengkapi 3 mikrofon dengan kualitas studio. Posisi mikrofon ini diletakkan sedemikian rupa untuk mengurangi feedback dari semua bagian komputer, sementara bagian lainnya memungkinkan peredam kebisingan latar belakang dan fokus pada suara pengguna dengan lebih baik.

Untuk bagian speaker juga tidak kalah menarik. iMac M1 menggunakan 2 pasang force-cancelling woofer yang diletakkan bersebelahan untuk output bass yang memukau.

Setiap pasang woofer mendapatkan sebuah tweeter dengan performa tinggi. Sehingga secara total ada 6 speaker yang digunakan Apple M1.

Dibantu teknologi algoritma canggih, iMac M1 mendukung fitur spatial audio untuk memutar video yang mendukung Dolby Atmos.

Aksesoris Baru

Apple
Apple

Magic Keyboard + Touch ID

Setiap perangkat iMac M1 dilengkapi dengan Magic Keyboard dengan warna senada dan 3 pilihan tipe.

Yaitu Magic Keyboard standar yang menggunakan tombol Emoji di pojok kiri bawah dan deretan Function baru.

Kedua adalah Magic Keyboard dengan Touch ID nirkabel dan ketiga Magic Keyboard dengan Touch ID nirkabel + Numeric Keypad.

Dari penjelasan yang diberikan, Touch ID di Magic Keyboard ini terhubung ke Secure Enclave di Apple M1 secara nirkabel untuk melakukan enkripsi data biometrik sidik jari secara aman.

Fitur baru lain yang diberikan adalah Fast User Switching, sehingga kamu bisa mengganti user profile secara cepat lewat sensor sidik jari.

Touch ID di iMac M1 dapat kamu gunakan untuk fitur keamanan di sistem operasi macOS Big Sur, hingga belanja online di website atau layanan yang mendukung Apple Pay.

Apple juga sekaligus merilis Magic Mouse atau Magic Trackpad dengan warna senada untuk dibeli secara terpisah bagi pengguna iMac M1.

Harga dan Spek iMac M1

Apple
Apple

Ketebalan bodi iMac M1 hanya 11,5mm

iMac M1 dijual dengan harga mulai dari $1299 di Amerika Serikat dengan spek 8-Core CPU, 7-Core GPU, 256GB SSD, 8GB RAM dan Magic Keyboard.

Berikut ini spek lengkap iMac M1 yang dijual di Apple.com:

iMac M1 ($1299)

  • 8-Core CPU
  • 7-Core GPU
  • 256GB SSD
  • 8GB RAM
  • 24-inch 4.5K Retina display
  • Two Thunderbolt / USB 4 ports
  • Magic Keyboard

iMac M1 ($1499)

  • 8-Core CPU
  • 8-Core GPU
  • 256GB SSD
  • 8GB RAM
  • 24-inch 4.5K Retina display
  • Two Thunderbolt / USB 4 ports
  • Two USB 3 ports
  • Gigabit Ethernet
  • Magic Keyboard with Touch ID

iMac M1 ($1699)

  • 8-Core CPU
  • 8-Core GPU
  • 512GB SSD
  • 8GB RAM
  • 24-inch 4.5K Retina display
  • Two Thunderbolt / USB 4 ports
  • Two USB 3 ports
  • Gigabit Ethernet
  • Magic Keyboard with Touch ID
Produk ini bisa dipesan mulai 30 April lewat Apple.com di negara yang mendukung.

Untuk penjualan langsung di Apple Store akan dimulai pada minggu kedua bulan Mei 2021.

Belum ada penjelasan mengenai tanggal ketersediaan iMac M1 di Indonesia.

Apakah kamu berencana membeli iMac M1 jika sudah dijual di Indonesia? Bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @makemac ya!

Editor : Bagus Hernawan