Apple Jelaskan AirTag Tidak Dibuat untuk Melacak Hewan atau Anak

Senin, 26 April 2021 | 15:00
Apple

AirTag

Apple telah merilis AirTag, aksesoris pelacak dengan bentuk gantungan kunci yang menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy, U1 Ultra Wideband dan juga Find My network.

Kamu bisa menggantungkan AirTag ke beragam benda sehari-hari yang mudah hilang atau terselip agar dapat dilacak. Contohnya adalah dompet, tas atau benda kecil lainnya.

Pencarian AirTag bisa bekerja dalam jarak dekat, saat perangkat iOS yang kamu gunakan terhubung ke aksesoris ini dengan teknologi Bluetooth.

Dalam jarak kurang dari 20 meter, kamu juga bisa menggunakan fitur Precision Finding untuk mencari AirTag dengan lebih presisi via teknologi U1 Ultra Wideband.

Namun untuk jarak di luar jangkauan koneksi Bluetooth, AirTag menggunakan fitur Find My network yang mengandalkan perangkat iOS lain di sekitarnya untuk menangkap sinyal AirTag secara anonim dan aman.

Sinyal ini kemudian dipancarkan di jaringan Find My network dengan teknologi enkripsi, sehingga hanya pemilik AirTag yang mengetahui data lokasinya.

Dalam setiap penjelasan AirTag yang diberikan oleh Apple, tidak ada promosi yang menunjukkan bahwa AirTag cocok untuk digunakan kepada hewan atau anak kecil misalnya.

Baca Juga: Fitur AirTag Tidak Bisa Digunakan Secara Maksimal di Indonesia

Hal ini ditegaskan oleh Kaiann Drance, VP of worldwide iPhone product marketing di Apple dalam wawancara bersama Fast Company.

Menurut Drance, Apple memang membuat AirTag untuk melacak benda yang biasa kamu gunakan dan mudah hilang.

Untuk fitur pelacakan kepada anak, Apple berharap orang tua menggunakan Apple Watch dan fitur Family Setup sebagai pilihan terbaik.

Sedangkan untuk penggunaan pada hewan, Drance hanya mengatakan bahwa AirTag tidak terhubung ke internet secara langsung. Harus ada perangkat iOS yang menggunakan Find My network di sekitar AirTag yang hilang agar lokasinya bisa terdeteksi.

Ini artinya jika hewan peliharaan hilang atau pergi ke tempat terpencil seperti hutan atau lainnya, AirTag tidak bisa dilacak karena tidak ada perangkat iOS di sekitarnya.

Apple
Apple

Find My network di AirTag

…the company designed the AirTag to track items, not people or pets. If parents would like to safely track their young children, she suggests an Apple Watch with Family Setup might be a better choice.

As for strapping an AirTag to a pet, Drance says, “If people do that, they just have to make sure that their moving pet gets into range of a device in the Find My network” so its location can be tracked.

Baca Juga: Laku Keras! Pre Order AirTag Ludes, iPhone 12 Ungu Masih Tersedia

Sebagai tambahan, AirTag juga mendukung fitur privasi berupa anti stalking alias tidak bisa digunakan untuk mengikuti pengguna lain.

Dengan fitur ini, pengguna perangkat iPhone bisa mendeteksi jika dalam interval waktu tertentu, ada AirTag yang terbawa olehnya dan diduga dipasang sebagai perangkat untuk mengikutinya.

Selain itu AirTags juga bisa mengeluarkan suara notifikasi jika sudah lebih dari 3 hari tidak terhubung ke perangkat iPhone yang sebelumnya telah terhubung.

Hal ini juga mungkin yang menjadi alasan bahwa AirTag tidak cocok digunakan pada hewan peliharaan.

Apakah kamu berminat membeli AirTag? Aksesoris ini dijuak dengan harga $29 untuk setiap unitnya atau ada juga versi bundle isi 4 dengan harga $99.

Saat ini belum ada informasi apakah AirTag akan dijual secara resmi di Indonesia.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya