Perbanyak Fitur, Telegram Bakal Segera Rilis Video Conference Grup

Kamis, 29 April 2021 | 15:03
Newsweek.com

Ilustrasi Telegram di iOS

Perusahaan penyedia layanan pesan digital (messenger) asal Russia, Telegram, dikabarkan bakal segera merilis fitur baru, yakni video conference grup.

Rencananya, fitur video conference grup ini akan dapat dinikmati oleh pengguna Telegram di platform Desktop, iOS, dan Android.

Sementarauntuk pengguna Telegram Web, fitur baru initidak akan dirilis berbarengan dengan 3 platform tersebut karena masih dalam tahap pengembangan.

Baca Juga: 5 Fitur Telegram yang Wajib Diketahui, Lebih Canggih dari WhatsApp?

Perilisan fiturvideo conference grup ini sendiri dikonfirmasi CEO sekaligus pendiri Telegram, Pavel Durov.

Menurut Durov, pengguna Telegram tidak perlu menanti terlalu lama perilisan fitur baru ini, karena pihaknya sedang mempersiapkan peluncurannya di bulan Mei mendatang.

Meskipun telah berujar bahwa video conference grup Telegram bakal diluncurkan di bulan Mei, Durov masih belum mau memberi tahu tanggal rilis pastidi bulan tersebut.

Selain mengungkapkan tanggal rilisdi bulan Mei, Pavel Durov juga mengatakan bahwa akan ada beberapa opsi layanan video conference yang di adaptasi oleh fitur baru ini.

Lalu, opsi-opsilayanan video conference apa saja yang nantinya akanmunculpada fitur baru Telegram ini?

Salah satuopsi wajib dari setiap layanan video conference yang di adaptasi olehfiturbaru Telegram ini yaitu berbagi gambar (screen sharing).

Sama seperti layanan video conference lain, opsi berbagi gambar akan mempermudah pertemuan virtualyang akan dihelat lewat Telegram, terutama dalam hubungannya dengan aktivitas presentasi.

Selain fitur berbagi gambar, akan ada juga fitur noise canceling yang membuat pengguna dapat mematikan suara (mute) ketika sedang menghadiri pertemuan virtual di Telegram.

Nantinya, kedua fitur tersebut akan dikombinasikan dengan tampilan UI modern ala Telegram dan sistem enkripsi yang berguna untuk mejaga kerahasiaan.

Baca Juga: Telegram Rilis Fitur Voice Chat Versi 2.0, Jadi Mirip Clubhouse

Telegram/Durov's Channel
Telegram/Durov's Channel

Fitur baru video conference Telegram

Jadi, itulah beberapa informasi menarik terkait fitur video conference Telegram yang akan dirilis di bulan Mei mendatang.

Terus perbarui berita terkini guna mengetahui update dan perkembangan lain dari perilisan fitur baru Telegram ini. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : 9to5mac

Baca Lainnya