Apple Mulai Gunakan Format Serial Number Baru di iPhone 12 Ungu

Kamis, 06 Mei 2021 | 09:51
Effendi Lesmana @youtuber.cupu

iPhone 12 ungu

Apple akhirnya menggunakan format Serial Number baru di produk yang rilis tahun 2021. Salah satu yang pertama kali mendapatkan format ini adalah iPhone 12 warna ungu.

Dikutip dari MacRumors, hal ini sudah dipersiapkan Apple sejak akhir tahun lalu dan dibagikan lewat catatan internal kepada para karyawan Apple Store.

Format Serial Number baru untuk produk Apple ini menggunakan gabungan huruf dan string alfanumerik dengan jumlah 8–14 karakter secara acak.

we can confirm that the purple iPhone 12 released last month has a new 10-character serial number format, compared to the usual 12 characters for most other Apple products

Baca Juga: Cegah Kebocoran Data, Apple akan Ubah Format Serial Number Produk Baru

Sebelumnya Serial Number di produk Apple punya 12 karakter yang menyimpan beberapa informasi seputar lokasi manufaktur, tanggal dan minggu perakitan, kode pengenal dan juga model number untuk setiap jenis perangkat.

Kini diharapkan dengan Serial Number format baru yang menggunakan karakter acak, bisa mencegah kebocoran data pengguna di waktu yang akan datang.

Sebagai tambahan, AirTag yang dirilis dalam waktu bersamaan dengan iPhone 12 mini masih tetap menggunakan format Serial Number lama.

Kemungkinan besar produk lain yang akan menggunakan format Serial Number baru adalah iMac M1, iPad Pro M1 dan Apple TV 4K 2021, ketiganya akan meluncur mulai pertengahan Mei mendatang.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya