Kebijakan Privasi WhatsApp Ancam Pengguna Hingga Tidak Bisa Akses Chat

Selasa, 11 Mei 2021 | 15:16

WhatsApp

Di awal tahun 2021, WhatsApp merilis kebijakan baru untuk berbagi data pengguna kepada Facebook.

Tujuannya adalah meningkatkan kualitas iklan dan juga membantu pengguna WhatsApp Business dalam mengelola pesan.

Namun di awal kemunculan peraturan baru ini, WhatsApp banyak dikecam oleh para penguna. Sehingga rencana aturan baru tersebut akhirnya dimundurkan.

Dalam waktu dekat, tenggat waktu terbaru untuk pemunduran aturan sebelumnya ini akan segera terlaksana, yaitu 15 Mei 2021.

Dalam catatan terbaru yang dibagikan di WhatsApp Support, ada penjelasan lebih lanjut jika kamu tidak mengijinkan penerapan aturan kebijakan privasi terbaru yang dijalankan WhatsApp.

Disebutkan bahwa pengguna yang terus menerus mendapatkan peringatan untuk memberikan persetujuan terkait fitur persyaratan dan kebijakan privasi baru, akan mendapatkan batasan akses fitur di WhatsApp.

Baca Juga: Penjelasan Terbaru Whatsapp Terkait Penerapan Aturan Privasi

Beberapa diantaranya adalah tidak bisa mengakses chat list. Namun kamu masih bisa menerima panggilan telepon dan video call di WhatsApp.

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa kamu hanya bisa membalas pesan yang diterima lewat bagian notifikasi pesan saja alias di luar aplikasi.

Setelah beberapa minggu pembatasan fitur ini diberlakukan, pengguna tersebut tidak bisa lagi menerima panggilan telepon atau notifikasi pesan masuk di WhatsApp.

Baca Juga: Cara Kirim WhatsApp Tanpa Simpan Kontak di iPhone iOS 14, Mudah!

At that time, you’ll encounter limited functionality on WhatsApp until you accept the updates. This will not happen to all users at the same time.

You won’t be able to access your chat list, but you can still answer incoming phone and video calls. If you have notifications enabled, you can tap on them to read or respond to a message or call back a missed phone or video call.

After a few weeks of limited functionality, you won’t be able to receive incoming calls or notifications and WhatsApp will stop sending messages and calls to your phone.

WhatsApp juga menjelaskan bahwa mereka tidak akan menghapus akun pengguna karena tidak memberikan persetujuan untuk persyaratan dan kebijakan privasi terbaru yang berhubungan dengan Facebook ini.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai sikap WhatsApp seputar penerapan persyaratan dan kebijakan privasi baru dari Facebook? Bagikan di kolom komentar atua Tweet ke @MakeMac ya.

Editor : Bagus Hernawan