4 Cara Hapus atau Uninstal Aplikasi di Komputer Mac, Pandauan Lengkap

Jumat, 02 Juni 2023 | 14:39
MakeMac

Cara hapus atau uninstal aplikasi di macOS

Makemac- Apakah kamu sering instal banyak aplikasi baru di komputer Mac? Mungkin sekarang kamu ingin menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi di komputer Mac dengan cepat dan mudah.

Cara Hapus atau Uninstal Aplikasi di Komputer Mac

Di dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas cara hapus atau uninstal aplikasi di Mac. Ada beragam pilihan cara hapus aplikasi atau uninstal yang dapat kamu lakukan, yuk simak semua caranya:

1. Lewat Finder

MakeMac
MakeMac

Hapus atau Uninstal Aplikasi Lewat Finder

Cara paling mudah dan cepat adalah menghapus aplikasi di komputer Mac lewat Finder atau aplikasi file manager bawaan di komputer Mac.

Kamu tinggal buka Finder lalu akses folder Application di akun yang sedang digunakan.

Setelah itu cari aplikasi yang ingin dihapus dan tekan Command + Delete. Proses ini akan menghapus atau melempar aplikasi ke Trash.

Lanjutkan proses ini dengan klik kanan ikon Trash di Dock lalu pilih Empty Trash.

2. Hapus Lewat Launchpad

MakeMac
MakeMac

Hapus atau Uninstal Aplikasi Lewat Launchpad

Cara kedua adalah menghapus aplikasi di Mac lewat Launchpad.

Bagi kamu yang belum tahu, Launchpad adalah cara cepat akses daftar aplikasi di Mac lewat tampilan utama.

Kamu bisa akses Launchpad lewat shortcut F4 di keyboard atau gunakan gesture di trackpad MacBook jika sudah diatur sebelumnya.

Dari mode Launchpad, silakan cari aplikasi yang ingi dihapus lalu tekan tahan di bagian aplikasi tersebut dan lanjutkan dengan klik tanda X.

Berikan persetujuan untuk menghapus aplikasi yaitu dengan menekan tombol Delete di tampilan layar.

Baca Juga: Cara lengkap Menggunakan Emoji di Komputer Mac, Gampang Banget!

3. Hapus dengan Uninstaller Bawaan

MakeMac
MakeMac

Hapus atau Uninstal Aplikasi Lewat Unsintaller Bawaan

Pada beberapa aplikasi dengan ukuran besar atau melekat dengan banyak bagian di sistem operasi komputer, biasanya pengembang aplikasi akan memberikan cara Uninstaller berupa tombol cepat yang bisa diakses ketika ingin menghapus aplikasi.

Biasanya aplikasi untuk melakukan Uninstaller diletakkan dalam folder yang sama pada bagian Application secara standar pengaturan bawaan.

Contohnya adalah paket aplikasi dari Adobe, biasanya dilengkapi dengan file Uninstall yang ada di folder Adobe + nama aplikasi di folder Application.

Ketika file Uninstall ini dibuka, otomatis aplikasi Creative Cloud akan ditampilkan dan persetujuan untuk proses menghapus atau uninstal aplikasi akan segera dijalankan.

Baca Juga: Apple Diprediksi Akan Jual Monitor Eksternal Baru untuk Komputer Mac

4. Hapus dengan Aplikasi Tambahan

AppCleaner

Kembali pada cara pertama dan kedua yang sudah kita bahas, cara tersebut memang paling cepat dan singkat dibandingkan cara lainnya.

Namun ternyata menghapus aplikasi dengan cara tersebut masih meninggalkan dokumen pendukung yang ada di beberapa folder sistem operasi macOS.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar hasilnya lebih bersis dan tentunya tetap mudah.

Contoh dari aplikasi tersebut adalah AppCleaner atau CleanMyMac X.

Untuk AppCleaner, kamu tinggal unduh aplikasi ini kemudian buka. Di tampilan utama AppCleaner, tinggal drag and drop saja aplikasi yang ingin kamu hapus dari Finder.

Tunggu proses pemindaian selesai dan tekan tombol Remove di App Cleaner.

CleanMyMac X

Lalu untuk CleanMyMac X, silakan masuk ke sidebar Uninstaller kemudian cari aplikasi yang ingin kamu hapus.

CleanMyMac X akan menampilkan daftar folder di sistem operasi macOS yang berhubungan dengan aplikasi tersebut. Terakhir tekan tombol Remove untuk menghapus semuanya secara mudah dan cepat.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya