Kumpulan Video Unboxing dan Review iMac M1 Beredar di YouTube

Rabu, 19 Mei 2021 | 10:33
iJustine

Unboxing iMac M1

Apple telah membuka pemesanan iMac M1 sejak akhir April dan segera dijual secara resmi mulai pekan ini tepatnya 21 Mei 2021.

Menjelang penjualan iMac M1, para jurnalis dan YouTuber yang mendapatkan produk iMac secara lebih cepat dari Apple, sudah membagikan video unboxing dan review iMac M1 di YouTube.

Beragam bahasan telah dibahas oleh sejumlah akun Apple Fanboy dan jurnalis tersebut seputar iMac pertama dengan CPU Apple Silicon ini.

Mulai dari 7 warna untuk iMac, aksesoris yang hadir dengan warna senada dengan bodi iMac, performa dan juga ukuran iMac yang sangat tipis dan ringan, hingga fitur Touch ID di Magic Keyboard dan lain sebagainya.

Beberapa video unboxing dan review iMac M1 yang sudah saya tonton, dibagikan oleh iJustine, MKBHD, The Verge, The Wall Street Journal, Engadget, CNET dan masih banyak lainnya.

Berikut ini daftar video unboxing dan review iMac M1:

Baca Juga: Hasil Benchmark iMac M1 Beredar di Internet, Kalahkan iMac Intel!

Rangkuman singkatnya untuk bagian desain adalah iMac M1 punya warna warna sangat menarik yang sepertinya digunakan untuk mengincar pengguna usia muda.

Desain iMac warna warni ini sebelumnya pernah digunakan oleh Apple pada iMac generasi pertama belasan tahun lalu ketika Apple kembali dipimpin oleh Steve Jobs dan kepala tim desain masih dipegang oleh Jony Ive.

Untuk bezel warna putih yang banyak dikeluhkan para calon pengguna, MKBHD punya pendapat yang cukup menarik.

Apple nampaknya membuat iMac M1 dengan bezel putih untuk membuat produk ini terkesan lebih rumahan.

MKBHD
MKBHD

iMac M1

Youtuber MKBHD mencoba membandingkan iMac M1 dengan beragam perangkat smart home yang juga menggunakan desain bezel warna putih dan memang kebanyakan dari kita menggunakan cat tembok dengan warna terang sehingga iMac M1 akan tampak lebih menyatu.

Untuk performa yang dihasilkan, iMac M1 bisa disebut setara dengan MacBook Pro M1 yang juga rilis tahun lalu.

Mengingat semua komputer Mac M1 menggunakan CPU dengan spek yang sama, hanya dibedakan dengan desain komputer yang digunakan misal MacBook Air tidak menggunakan kipas, MacBook Pro dilengkapi Touch Bar, Mac Mini punya ukuran ringkas dan iMac adalah komputer all in one desktop.

Baca Juga: Cara Aktifkan Screensaver 'Hello', Tersembunyi di macOS Big Sur 11.3

Bagian yang tidak kalah menarik adalah seputar pembahasan kamera yang digunakan pada iMac M1, 6 speaker yang membuatnya sangat bertenaga dan juga mikrofon terbaik di jajaran komputer iMac untuk pengguna secara umum.

Sayangnya iMac M1 juga punya beberapa keluhan yang wajib kamu tahu.

Beberapa diantaranya adalah port hanya dalam tipe Thunderbolt 4 atau USB-C, ukuran layar 24 inci yang mungkin terlalu kecil untuk sebagian pengguna dan power konektor yang dilengkapi LAN hanya ada di seri tengah dan paling tinggi.

Apakah iMac M1 cocok untuk kamu gunakan? Jawabannya tergantung kebutuhan calon penggunanya.

iMac M1 menghasilkan performa dan kecepatan hardware seperti MacBook Pro M1, jauh lebih cepat dari iMac 21,5 inci tahun 2019, namun tetap masih kalah dibandingkan iMac Pro karena memang CPU Core yang digunakan lebih banyak.

MKBHD
MKBHD

iMac M1 dan aksesoris bawaan

Jika kamu ingin menggunakan iMac M1 sebagai komputer kantoran atau rumahan dengan penggunaan kasual seperti membuat dokumen, menonton film atau editing kelas standar hingga menengah, iMac M1 adalah pilihan komputer yang sangat tepat atau bisa dibilang lebih dari cukup.

Namun jika ingin menggunakan sebagai kalangan profesional, mungkin ada baiknya menunggu Apple Silicon generasi berikutnya yang dirancang untuk proses komputer yang lebih banyak dan kompleks.

iMac M1 dijual mulai dari $1299 atau sekitar 18 jutaan. Saat artikel ini dibagikan, belum ada informasi mengenai tanggal peluncuran iMac M1 di Indonesia.

Editor : Bagus Hernawan