Bocoran MacBook Pro 14 dan 16 inci Gunakan Penerus M1, RAM Hingga 64GB

Rabu, 19 Mei 2021 | 12:07

MacBook Pro M1

Setelah mengenalkan CPU Apple M1 di tahun 2020, kabarnya Apple akan mengisi tahun ini dengan generasi penerusnya.

Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa Apple pada tengah tahun ini, Apple akan menghadirkan generasi penerus MacBook Pro dengan spek tinggi untuk kalangan profesional yang dibuat dengan CPU penerus Apple M1.

Produk tersebut akan menggantikan MacBook Pro 13 inci dan 16 inci dengan CPU Intel yang saat ini masih dijual di Apple.com.

Kabarnya kode produk yang sedang dikembangkan ini adalah J314 untuk MBP 13 inci dan J316 untuk MBP 16 inci.

Sedangkan bocoran kode nama CPU yang sedang digunakan adalah Jade C-Chop dan Jade C-Die.

Untuk perubahan yang diberikan, Gurman mengatakan bahwa MBP tersebut akan menggunakan desain chassis baru, MagSafe charger dengan konektor magnetik, lebih banyak port untuk menghubungkan aksesoris dan kembalinya port HDMI serta SD card slot.

Baca Juga: Pengiriman Macbook Pro dan Macbook Air Meningkat 94 Persen di Q1 2021

They’ll have a redesigned chassis, magnetic MagSafe charger and more ports for connecting external drives and devices. Apple is also bringing back the HDMI port and SD card slot, which it nixed in previous versions, sparking criticism from photographers and the like.

Spek yang digunakan rumornya adalah 10 Core dengan pembagian 8 high performance dan 2 low performance atau efficient core.

Sedangkan bagian GPU disebut akan menggunakan konfigurasi 16 atau hingga 32 GPU core.

Untuk teknologi RAM, informasi yang diterima oleh Gurman mengatakan bahwa MBP 14 dan MBP 16 mampu dikonfigurasi hingga 64GB RAM. Sebelumnya di Apple M1, RAM yang didukung maksimal hanya 16GB saja.

Di MBP dengan CPU Intel, Apple juga mendukung konfigurasi 64GB RAM tepatnya pada MBP 16 inci yang rilis beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Kumpulan Video Unboxing dan Review iMac M1 Beredar di YouTube

Apple
Apple

MacBook Air M1

Nantinya setelah komputer ini rilis, Apple akan semakin dekat dengan misinya menghentikan penjualan Mac dengan CPU Intel, sesuai janjinya di WWDC tahun lalu yaitu masa transisi selama 2 tahun.

Saat ini Apple telah menggunakan Apple M1 sebagai CPU buatan sendiri sebagai pengganti Intel pada beberapa tipe komputer Mac dan iPad Pro 2021.

Untuk komputer Mac yaitu MacBook Pro, MacBook Air, Mac mini dan iMac.

Apple M1 hadir sebagai pengganti CPU Intel dengan fokus hemat baterai untuk laptop dan peningkatan performa secara signifikan.

Generasi penerus Apple M1 yang selama ini rumornya akan bernama M1X atau M2 tentunya akan diberikan fokus berbeda, yaitu menghadirkan performas yang lebih tinggi untuk kalangan profesional.

Editor : Bagus Hernawan