Ubah Kebijakan, Autentikasi Keamanan Instagram Dikirim Via WhatsApp

Senin, 24 Mei 2021 | 15:30
MakeMac

Instagram

Sebuah kabar terbaru datang dari fitur autentikasi keamanan Instagram yang dikabarkan akan mengalami perubahan.

Perubahan ini terkait dengan platform yang akan digunakan untuk mengirim kode autentikasi kemanan tersebut.

Sebelumnya, kode autentikasi keamanan Instagram akan dikirim lewat sebuah pesan SMS.

Namun kini, perusahaan induk Instagram yaitu Facebook, dikabarkan berencana untuk mengirim kode autentikasi keamanan melalui WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Siapkan Dua Fitur Baru, Autentikasi Keamanan dan Mute Video

Terkait dengan alasan Facebook merubah kebijakan ini, masih belum ada siapapun yang mengetahui hal ini.

Tapi yang pasti, dengan adanya perubahan kebijakan ini, pengguna yang ingin mengaktifkan fitur autentikasi keamanan harus mengkoneksikan akun dan nomor WhatsApp dengan Instagram miliknya.

Sementara itu, gambaran berupa sebuah foto dari fitur autentikasi kemanan terbaru Instagram ini diketahui telah beredar di media sosial Twitter.

Pihak yang menggunggah foto dari fitur autentikasi kemanan Instagram via WhatsApp ini adalah seorang pengembang aplikasi mobile dan juga leaker ternama, Alessandro Paluzzi.

Alessandro diketahui sering membagikan berbagai macam bocoran informasi dan rumor yang terkait dengan aplikasi-aplikasi mobile.

Kini, dirinya diketahui baru saja memberikan sebuah bocoran informasi terkait adanya perubahan pada fitur autentikasi kemanan Instagram.

Baca Juga: Update Instagram Hapus Fitur Unggah Multi Foto dan Video ke Feed?

Dalam unggahan terbaru akun Twitternya, Alessandro memberikan sebuah gambaran terkait bagaimana wujud dari perubahan pada fitur tersebut.

Nantinya, alih-alih diminta untuk memasukkan nomor yang aktif, pengguna Instagram akan diminta untuk memasukkan nomor WhatsApp yang mereka gunakan.

Ketika nomor WhatsApp sudah dimasukkan dan pengguna telah menekan tombol konfirmasi, maka dengan segera kode autentikasi keamanan akan dikirim.

Setelah itu, kode autentikasi keamanan akan secara otomatis masuk ke WhatsAppdan pengguna tinggal memasukkannya lagi ke akun Instagram-nya untuk dapat mengaktifkan fitur ini.

Kapan kebijakan baru autentikasi keamanan Instagram via WhatsApp ini akan mulai diberlakukan?

Sampai sekarang, masih belum ada tanggal pasti kapan kebijakan baru autentikasi keamanan Instagram terbaru ini akan dilaksanakan.

Tetapidikutip dari 9to5Mac, kebiajakan anyar ini belum akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Hal ini lantaran saat ini, kabarnya fitur tersebut masih ada pada tahap pengembangan lebih lanjut oleh Instagram dan Facebook.

Namun ketika nantinya sudah dirilis, kebijakan autentikasi keamanan terbaru ini akan berlaku untuk semua pengguna Instagram di semua platform, termasuk iOS dan Android.

Baca Juga: Instagram Resmi Hadirkan Fitur Auto Caption Sticker untuk Stories

Jadi, itulah informasi menarik terkait kebijakan pengiriman kode autentikasi keamanan Instagramvia WhatsApp.

Terus perbarui berita terkini hanya di MakeMac untuk mengetahui update dan perkembangan seputar autentikasi kemanan Instagram lewat WhatsApp tersebut, terutama soal tanggal mulai berlakunya. (*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : 9to5mac

Baca Lainnya