HomePod dan HomePod mini Segera Mendukung Apple Music Lossless Audio

Senin, 24 Mei 2021 | 09:47
MakeMac

HomePod mini

Pekan lalu Apple telah mengumumkan fitur baru untuk Apple Music yaitu Spatial Audio dengan Dolby Atmos dan Lossless Audio. Kedua fitur ini akan mulai tersedia bulan Juni mendatang.

Bagi kamu yang belum tahu, Spatial Audio dengan Dolby Atmos adalah teknologi untuk mendengarkan musik dengan pengalaman serasa 3 dimensi, musik berputar dari segala arah.

Sedangkan Lossless Audio adalah musik tanpa kompresi, membuat kualitas musik setara dengan saat proses rekaman di studio.

Untuk Lossless Audio, Apple punya penjelasan baru di laman Apple Support yang mungkin bisa menjawab beberapa pertanyaan kamu selama sepekan ini.

Salah satunya adalah dukungan Lossless Audio di Apple Music untuk HomePod dan HomePod mini.

Apple menjelaskan bahwa HomePod dan HomePod mini akan mendukung Apple Music dengan Lossless Audio lewat update software di waktu yang akan datang.

Untuk saat ini, kedua smart speaker tersebut baru mendukung AAC (Advanced Audio Codec) saja, belum Apple Lossless Audio Codec (ALAC) yang akan digunakan untuk Lossless Audio.

Can I listen to lossless audio on my HomePod or HomePod mini?

HomePod and HomePod mini currently use AAC to ensure excellent audio quality. Support for lossless is coming in a future software update.

Masih di catatan yang sama, Apple juga menjelaskan bahwa semua seri AirPods dan AirPods Pro serta AirPods Max tidak dapat mendukung Lossless Audio.

Hal ini dikarenakan koneksi yang digunakan yaitu Bluetooth, tidak mendukung Lossless Audio.

Can I listen to lossless audio using AirPods, AirPods Pro, or AirPods Max?

AirPods, AirPods Pro, AirPods Max, and Beats wireless headphones use Apple’s AAC Bluetooth Codec to ensure excellent audio quality. Bluetooth connections don’t support lossless audio.

Hal yang sama juga berlaku untuk semua earphone atau speaker dengan koneksi bluetooth ke perangkat Apple yang digunakan untuk memutar Apple Music Lossless Audio. Yaitu musik yang diputar lewat speaker bluetooth hanya akan menghasilkan output dengan standar normal alias AAC.

Twitter @imicsun
Twitter @imicsun

AirPods Max di Apple Store

Lalu Apple juga menjelaskan bahwa pengguna AirPods Max dapat menggunakan adapter AirPods Max Lightning to 3.5mm Audio Cable untuk menikmati Lossless Audio.

Namun Apple juga menekankan bahwa output suara yang dihasilkan tetap akan mengalami sedikit kompresi alias tidak sepenuhnya dalam format Lossless Audio.

The Lightning to 3.5 mm Audio Cable was designed to allow AirPods Max to connect to analog sources for listening to movies and music. AirPods Max can be connected to devices playing Lossless and Hi-Res Lossless recordings with exceptional audio quality. However, given the analog to digital conversion in the cable, the playback will not be completely lossless.

Sudah tidak sabar untuk mencoba fitur baru di Apple Music?

Spatial Audio dengan Dolby Atmos dan Lossless Audio akan hadir di bulan Juni mendatang dan tidak memberikan biaya langganan tambahan dari harga langganan Apple Music sebelumnya.

Editor : Bagus Hernawan