Selamat Datang iOS 15! Fitur Tetap Terhubung, Fokus dan Privasi

Selasa, 08 Juni 2021 | 04:13
Apple

iOS 15

Dalam acara Keynote WWDC21, Apple resmi mengenalkan iOS 15 dan iPadOS 15 sebagai sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPad.

iOS 15 dirilis dengan beragam fitur baru, beberapa yang paling ditonjolkan adalah cara baru untuk tetap terhubung dan beberapa fitur untuk membuat pengguna tetap fokus dalam melakukan banyak hal dan peningkatan proses kecerdasan buatan di dalam perangkat.

Craig Federighi, senior vice president of Software Engineering di Apple menjelaskan bahwa “iPhone telah menjadi perangkat yang sangat diperlukan oleh pengguna. Tahun ini kami telah menciptakan lebih banyak cara untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari.”

“iOS 15 membantu pengguna tetap terhubung sambil berbagi pengalaman secara real time, memberi pengguna cara baru untuk membantu mengurangi gangguan dan menemukan fokus, menggunakan kecerdasan untuk meningkatkan pengalaman foto dan dengan peningkatan besar pada Maps, menghadirkan cara baru untuk menjelajahi dunia. Kami tidak sabar menunggu pelanggan merasakannya.”

Berikut ini daftar fitur baru di iOS 15 yang dijelaskan di laman Apple Newsroom. Yuk simak langsung!

FaceTime

Apple
Apple

FaceTime Portrait di iOS 15

FaceTime, aplikasi panggilan video dan suara bawaan di perangkat iOS menjadi fitur yang paling pertama dibahas.

Pada iOS 15, FaceTime mendapatkan beberapa fitur baru untuk membantu kamu tetap terhubung di mana saja dengan keluarga atau teman terdekat.

FaceTime di iOS 15 akan mendukung Spatial Audio sehingga kamu bisa mendegar arah datangnya suara sesuai dengan posisi orang di layar yang kamu ajak berbicara.

Fitur kedua adalah Voice Isolation untuk memisahkan suara orang yang sedang kamu hubungi dengan suara latar belakang yang ada di sekitar mereka.

Berikutnya FaceTime juga mendukung fitur Portrait Mode untuk panggilan video. Dengan Portrait Mode, orang yang ada dalam panggilan video dapat menjadi lebih fokus dibandingkan gambar latar belakang.

SharePlay juga menjadi fitur baru di FaceTime yang sangat diandalkan.

Dengan SharePlay, kamu bisa terhubung dengan teman di FaceTime sambil mendengarkan lagu bersama-sama lewat Apple Music, menonton acara TV atau film secara sinkron atau berbagi layar untuk melihat aplikasi atau games bersama-sama.

SharePlay dapat digunakan di iPhone, iPad dan Mac dengan mode kendali konten yang lengkap dan bisa diakses oleh semua anggota.

SharePlay juga bisa terhubung ke Apple TV untuk menonton tayangan dengan layar lega sementara panggilan video tetap dilakukan pada perangkat iPhone atau iPad.

Fitur baru lainnya di Facetime adalah FaceTime Links. Sesuai namanya, dengan FaceTime Links kamu bisa membagikan tautan untuk sebuah panggilan FaceTime yang sedang berlangsung.

Orang lain yang mendapatkan tautan ini dapat langsung bergabung lewat perangkat iOS, Mac, Android atau bahkan website.

FaceTime Links tetap menggunakan end-to-end encryption saat digunakan dalam mode web.

Fitur Focus di iOS 15

Apple
Apple

Focus di iOS 15

iOS 15 punya fitur baru untuk membantu kamu tetap fokus dalam sebuah kegiatan dan bebas gangguan.

Fokus adalah fitur baru yang memfilter notifikasi dan aplikasi berdasarkan apa yang ingin menjadi fokus pengguna.

Kamu dapat mengatur daftar aplikasi atau orang yang dapat menghubungi saat mode Fokus sedang diaktifkan.

Perangkat iOS 15 juga bisa menggunakan on-device intelligence untuk membantu menentukan daftar tersebut dan tidak mengakses data pengguna demi keamanan privasi.

Fokus bekerja berdasarkan konteks yang diberikan oleh pengguna. Misalkan saat sedang jam kerja, kamu bisa mengatur mode ini untuk mengurangi notifikasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Atau ketika sedang liburan, aktifkan fokus hanya untuk mendapatkan notifikasi dari panggilan keluarga.

Kamu juga bisa membuat Home Screen khusus dengan mode Fokus untuk mengatur daftar aplikasi dan widget penting saja, ketika diperlukan selama bekerja.

Saat menggunakan Fokus dan memblokir notifikasi dari Message, pengguna yang mengirim pesan kepada kamu, akan memperoleh pemberitahuan bahwa fitur Fokus sedang kamu gunakan.

Tampilan Baru Notifikasi

Apple
Apple

Notifikasi di iOS 15

Notifikasi di iOS 15 mendapatkan ubahan yang cukup signifikan dengan menambahkan foto kontak untuk orang dan ikon yang lebih besar untuk aplikasi agar lebih mudah dikenali.

Untuk membantu mengurangi gangguan, fitur rangkuman notifikasi akan mengumpulkan notifikasi yang dianggap tidak terlalu penting dan mengirimkan di waktu yang dirasa lebih tepat untuk pengguna.

Dengan menggunakan teknologi on-device intelligence, notifikasi yang dianggap penting akan tampil di bagian atas sesuai dengan kebiasaan pengguna.

On-Device Intelligence untuk Live Text dan Spotlight Search

Apple
Apple

On-Device Intelligence untuk Live Text dan Spotlight

Apple menjelaskan bahwa ada 3 fitur utama di iOS 15 yang menggunakan On-Device Intelligence via Apple Neural Engine, untuk menjalankan teknologi baru ekstra aman dan menjaga privasi pengguna.

Ketiganya adalah Live Text, Spotlight dan Photos Memories.

Fitur Live Text berguna untuk mengenali teks yang ada di gambar dan membantu kamu melakukan hal berikutnya seperti menyalin ke catatan, melakukan panggilan telepon atau mengenali objek hewan dan tumbuhan di sebuah gambar lewat Visual Look Up.

Spotlight di iOS 15 juga menggunakan Apple Neural Engine untuk pencarian cerdas dari konten foto berdasarkan lokasi, hasil tulisan tangan di gambar, hingga pencarian gambar di web serta konten film dan TV Show.

Terakhir adalah fitur Photos Memories yang memberikan desain interaktif dan integrasi ke Apple Music untuk memilih rekomendasi lagu di album kenangan Photos.

Tampilan Baru Safari

Safari di iOS 15

Safari punya wajah baru yang semakin memudahkan pengguna perangkat iOS dan dibalut tampilan indah.

Fitur andalan yang diberikan adalah kemudahan mengggunakan Safari dengan satu tangan, Tab Bar dan Tab Groups, serta mode swipe yang semakin intuitif.

Fitur baru lainnya yang juga diusung adalah kustomisasi halaman awal, web extensions di iOS dan mode personal lebih lengkap.

Fitur Privacy Terbaru

Apple
Apple

App Privacy Report

Update iOS 15 mengusung fitur App Privacy Report untuk membantu pengguna melihat daftar aplikasi pihak ketiga yang mendapatkan akses untuk data lokasi, akses ke Photos, Camera, mikrofon dan beragam hal lain secara mendetail.

Dengan App Privacy Report, kamu bisa melihat akses data apa saja yang dilakukan aplikasi pihak ketiga dan melakukan pengaturan yang diperlukan.

Aplikasi Notes

Apple
Apple

Notes di iOS 15

Aplikasi Notes punya fitur baru untuk pengguna yang sering membuat catatan bersama.

Yaitu mode Mentions untuk memberikan notifikasi kepada teman lain di sebuah bagian catatan, Activity untuk melihat daftar perbaikan catatan yang dilakukan dan Tags untuk membuat tanda khusus di setiap bagian penting.

Daftar Fitur Baru Lainnya

Apple
Apple

Fitur Apple Music dan Live Text di iOS 15

  • Maps mendukung Night Mode, nagivasi 3D dengan CarPlay, augmented reality dengan akurasi detail.
  • Siri mendukung fitur Announce Notifications untuk perangkat AirPods, membagikan apa yang ada di layar dengan bertanya kepada Siri, dan fitur baru lainnya.
  • Shared with You adalah fitur untuk menemukan artikel, musik, TV Show, Photos dan beragam hal yang dibagikan pada percakapan di aplikasi Messages dengan cara yang lebih mudah dan informatif serta cepat diakses.
  • iCloud+ adalah layanan berlangganan yang terhubung ke langganan iCloud Storage. Fitur yang ada di dalamnya adalah Hide My Email, HomeKit Secure Video, iCloud Private Relay dan masih banyak lainnya.
Masih ada beberapa fitur baru lain yang juga diberikan oleh Apple.

Seperti Translate yang mendukung iPad, Find My Network mendukung AirPods Pro dan AirPods Max, mode pengaturan iPhone baru yang lebih mudah dan peningkatan Accessibility.

Kapan iOS 15 Rilis?

Update iOS 15 versi Developer Beta saat ini sudah dapat diunduh oleh pengembang terdaftar di Apple Developer.

Versi Public Beta alias percobaan untuk pengguna, akan tersedia pada bulan Juli mendatang.

Sedangkan versi final untuk pengguna umum, akan rilis pada musim gugur alias sekitar bulan September mendatang.

Editor : Bagus Hernawan