Review Apple Music Hi Res Lossless Audio Menggunakan DAC External

Kamis, 17 Juni 2021 | 16:26
MakeMac

Mencoba Apple Music Lossless Audio di Mac

Apple Music telah membawa 2 fitur baru bernama Dolby Atmos dengan Spatial Audio dan Lossless Audio.

Lossless Audio adalah format audio tanpa kompresi untuk membuat pengguna Apple Music dapat mendengarkan kualitas musik seperti hasil rekaman.

Tim MakeMac telah mencoba format Lossless Audio di Apple Music dan ingin membagikan reviewnya kepada para Sahabat MakeMac.

Mengenal Lossless Audio

MakeMac
MakeMac

Apple Music Lossless Audio

Baca Juga: Apple Music dengan Dolby Atmos dan Lossless Audio Resmi Rilis!

Apple menggunakan format ALAC (Apple Lossless Audio Codec) untuk Lossless Audio di Apple Music.

Format ini diklaim punya output suara dengan kualitas seperti perangkat CD dan mendekati hasil suara di ruang rekaman yang dilakukan oleh musisi tersebut.

Apple Music dengan format Lossless Audio dibagi menjadi 2 versi yaitu Lossless Audio (24-bit/ 48 kHz) dan High Resolution Lossless Audio (24-bit/ 192 kHz).

Apple juga mencatat bahwa untuk menikmati High Resolution Lossless Audio di Apple Music, pengguna disarankan untuk menggunaka aksesoris tambahan yaiti digital-to-analog converter atau DAC.

Pengalaman Menggunakan DAC untuk High Resolution Lossless Audio

MakeMac
MakeMac

Astell and Kern AK PEE51

Untuk menulis artikel ini, tim MakeMac mencoba menggunakan DAC dengan merek dan tipe Astell and Kern AK PEE51, serta Hidizs S9.

Sedangkan headphone yang digunakan adalah Audio Technica Msr7b. Lalu komputer Mac sebagai perangkat pemutar Apple Music yang dipakai adalah MacBook Pro 13 inci non Touch Bar tahun 2017.

Baca Juga: Apple Pamerkan Kecanggihan Spatial Audio di Iklan Apple Music Terbaru

Sebagai awalan, saya menggunakan ATH MSR7b secara langsung dari port headphoen jack di komputer Mac untuk memutar Apple Music dalam format High Resolution Lossless Audio.

Karakter dari Audio Technica MSR7b adalah fun, tidak terlalu bright, output bass cukup dan detail serta akurasinya rapi.

Audio Technica
Audio Technica

Audio Technica MSR7b

Sebagai catatan, Audio Technica memberi label MSR7b sebagai headphone untuk penggemar musik alias Audiophile karena dilengkapi dengan aksesoris kabel Balanced Connection dan teknologi 45 mm True Motion Drivers untuk ouput Hi-Res Audio.

Setelah percobaan pertama yaitu koneksi headphone langsung ke headphone jack, saya lanjut dengan menggunakan DAC.

DAC yang digunakan adalah Astell and Kern AK PEE51 dengan konektor USB-C.

AK
AK

Astell and Kern AK PEE51

Baca Juga: Fitur Apple Music Spatial Audio dan Lossless Ternyata Belum Rilis di India

Karena desain yang digunakan adalah port USB-C, saya tinggal menghubungkan DAC ini ke port tersebut di MBP. Lalu sisi sebelahnya dengan ATH MSR7b. Untuk memastikan kembali silakan cek di bagian System Preferences - Sound - Output sudah terpilih Astell and Kern AK PEE51.

Bagaimana dengan hasil suaranya? Perbedaan yang saya rasakan sangat signifikan!

Penggunaan Astell and Kern AK PEE51 sebagai DAC ditambah format musik High Resolution Lossless Audio menghasilkan output suara yang lebih menarik dibandingkan secara langsung lewat headphone jack.

Output suara yang dihasilkan terasa lebih warm, powerfull, impact bass lebih kuat namun tetap memberikan separasi musik yang lebih baik.

Peningkatan suara yang dihasilkan jauh dari sekedar menambah power saja. Hal ini membuat anggapan saya pudar tentang mitos aksesoris untuk audio hanya sekedar gimmick atau tidak memberikan ubahan output yang signifikan.

MakeMac
MakeMac

Hidizs S9

Lanjut ke DAC kedua, saya menggunakan produk Hidizs S9. Berbeda dengan DAC sebelumnya, output yang dihasilkan punya karakter yang lebih jernih dan cocok untuk lagu dengan banyak karakter vokal dan juga bagian mid menjadi lebih tajam.

Ternyata setiap DAC punya karakter dan menghasilkan output suara yang berbeda, dipengaruhi tuning yang dibuat oleh produsen dan juga sinergi dengan aksesoris lain yang digunakan, dalam percobaan ini adalah headphone.

Apakah layak menggunakan DAC untuk mendengarkan Apple Music dengan format Lossless Audio?

Jika kamu ingin mendengarkan kualitas paling tinggi hasil rekaman musik dari artis favorit, High Resolution Lossless Audio adalah jawabannya.

Sehingga untuk mendapatkan output suara paling maksimal, saya sarankan untuk menggunakan DAC yang bisa digunakan di komputer Mac atau perangkat iOS.

Aksesoris DAC di pasaran dijual dengan harga beragam. Untuk Astell and Kern AK PEE51 dan Hidizs S9 ada di kisaran harga 1.8 juta Rupiah. Sedangkan Audio Techica MSR7b dijual dengan harga 2 jutaan Rupiah.

Terima kasih untuk Jaben Jogja yang meminjamkan perangkat audio dalam review Apple Music Lossless Audio ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya