10 Aksesoris Pilihan untuk iPad Pro M1: Pencil Hingga Stand

Rabu, 23 Juni 2021 | 16:00
MKBHD

iPad Pro M1

Produk iPad Pro M1 telah resmi dijual di Indonesia! Apple menggunakan CPU Apple M1 untuk iPad Pro M1 alias iPad Pro yang rilis tahun 2021 ini.

Banyak pengguna yang ingin beralih sepenuhnya ke produk iPad Pro M1, dari komputer Mac berkat penggunaan CPU yang sangat bertenaga ini.

Nah untuk menunjang kebutuhan komputasi menggunakan iPad Pro sebagai pengganti Mac atau juga membantu produktivitas supaya lebih maksimal, ada beberapa aksesoris yang dapat kamu beli untuk melengkapinya.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan merangkum 10 aksesoris pilihan untuk iPad Pro M1. Simak langsung ya!

1. Apple Pencil Generasi 2

Apple Pencil 2

Sejak rilis tahun 2015, iPad Pro menjadi produk iOS pertama dari Apple yang mendukung Apple Pencil.

Hingga tahun 2021, kini iPad Pro M1 sudah menggunakan Apple Pencil generasi kedua yang punya bodi magnetik untuk pengisian baterai, sinkronisasi dan desain permukaan matte agar tidak licin.

Aksesoris ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menggunakan iPad Pro dalam beragai kebutuhan. Mulai dari menggambar, membuat catatan dengan tulisan tangan atau sekedar metode input untuk bermain game tertentu misalnya.

Apple Pencil generasi 2 dijual di Indonesia dengan harga sekitar 2 jutaan Rupiah.

Baca Juga: Daftar Harga iPad Pro M1 di Indonesia, Mulai Dari 14 Hingga 40 Jutaan

2. Magic Keyboard

Apple Newsroom
Apple Newsroom

iPad Pro 2021 dengan Magic Keyboard dan Apple Pencil.

Ingin menggunakan iPad Pro M1 untuk mengetik beragam kerjaan di kantor seperti laporan mingguan atau membuat artikel di blog kapan saja dan di mana saja? Aksesoris Magic Keyboard dari Apple bisa menjadi pilihan menarik untuk melengkapi iPad Pro M1.

Desain yang digunakan pada Magic Keyboard adalah menempel di permukaan belakang iPad dan tidak menggunakan koneksi Bluetooth. Sedangkan untuk posisinya, iPad Pro M1 akan melayang dan bisa diatur sudut kemiringannya sama seperti layar iMac.

Aksesoris ini terkoneksi secara langsung menggunakan Smart Connector yang ada di bodi belakang bawah iPad Pro M1 yang juga sebagai akses daya, sehingga tidak ada baterai di dalam keyboard.

Magic Keyboard juga menggunakan teknologi Butterfly Keyboard seperti di MacBook Air M1 dan juga menggunakan lampu backlit.

Detail menarik lainnya adalah ada port USB-C yang tersedia di Magic Keyboard untuk mengisi daya.

Dengan desain ini, kamu tetap dapat menghubungkan aksesoris lainnya di port Thunderbolt pada iPad Pro M1, misalnya untuk aksesoris SSD atau monitor tambahan.

3. Logitech MX Anywhere 3

Logitech MX Anywhere 3

Sejak sistem operasi iPadOS 14, Apple telah memberikan dukungan perangkat input Mouse atau Trackpad secara lengkap bagi pengguna iPad.

Dengan dukungan fitur ini, kamu bisa menghubungkan aksesoris Mouse atau Trackpad via Bluetooth, untuk melihat kursor yang berguna untuk menekan tombol, memindahkan teks kursor atau bermain game.

Salah satu mouse yang tim MakeMac rekomendasikan untuk digunakan bersama iPad Pro M1 adalah Logitech MX Anywhere 3.

Mouse nirkabel tanpa adapter USB ini menggunakan desain yang ringkas, ukuran yang nyaman digenggam, teknologi MagSpeed Electromagnetic scrolling dan port pengisian dengan tipe USB-C. Sehingga kamu bisa mengisi baterai di mouse ini menggunakan kabel bawaan dari iPad Pro M1 secara mudah.

Selain itu Logitech MX Anywhere 3 juga dilengkapi dengan tombol tambahan yang bisa diatur sesuai kebutuhan, serta dapat digunakan pada multi perangkat secara bergantian.

Logitech MX Anywhere 3 dijual di Indonesia dengan harga 1,5 jutaan Rupiah.

Baca Juga: Kolaborasi Apple x Hermes Rilis Aksesori AirTag Super Mahal!

4. Tomtoc PadFolio Eva Case

Tomtoc PadFolio Eva Case

Jika kamu akan sering membawa iPad Pro M1 untuk bepergian, jangan lupa lengkapi koleksi aksesoris dengan case atau sleeve ya.

Gunanya adalah melindungi iPad Pro saat disimpan di dalam tas atau dibawa bepergian agar tidak mudah tergores atau tetap aman.

Salah satu produk sleeve atau case untuk iPad Pro M1 yang bisa kamu coba adalah merek Tomtoc.

Tipe yang menarik adalah Tomtoc PadFolio Eva Case untuk iPad Pro M1 ukuran 12.9 inci.

Aksesoris ini dapat kamu gunakan untuk menyimpan iPad Pro M1, lengkap dengan semua aksesoris yang biasa kamu gunakan misalkan kabel Thubderbolt, SSD external, Apple Pencil dan beragam lainnya.

Desain sleeve ini cukup tebal dan bisa melindungi iPad Pro M1 dengan aman dari benturan atau tertindih benda lain di dalam tas.

5. Sony PS5 Gaming Controller

Sony PS5 Gaming Controller

Ingin bermain game dari koleksi di Apple Arcade atau daftar game terbaik dari App Store menggunakan iPad Pro M1?

Supaya pengalaman main games menjadi lebih seru, gunakan gaming controller Sony DualSense Wireless Controller bersama iPad Pro M1 ya!

Kamu bisa menggunakan gaming controller ini untuk bermain beragam game yang mendukung dan menikmati fitur barunya seperti Haptic Feedback dan Adaptive Trigger!

Sony DualSense Wireless Controller dijual dengan harga sekitar 800 ribu Rupiah di Indonesia

Baca Juga: Apple Pastikan iPad Pro 12,9 Inci 2021 Dukung Magic Keyboard Lama

6. Paperlike Screen Protector

Paperlike Screen Protector

Untuk para seniman grafis yang ingin menggunakan iPad Pro sebagai drawing tablet dengan Apple Pencil, aksesoris Paperlike iPad Screen Protector bisa disebut sebagai barang wajib yang harus digunakan.

Pelindung layar merek Paperlike ini menawarkan beberapa kelebihan menarik yang ditujukan untuk pengguna iPad Pro dikalangan artis, seniman gambar dan juga pengguna yang suka mencatat dengan Apple Pencil di iPad Pro.

Tidak seperti pelindung layar biasa, Paperlike iPad Screen Protector diklaim dapat meningkatkan presisi saat menulis atau menggambar, desain anti-glare coating untuk mengurangi cahaya sekitar yang dipantulkan ke layar dan juga mengurangi kelelahan otot akibat menggambar dalam durasi lama.

Paperlike iPad Screen Protector dijual di website resminya mulai dari $39 atau sekitar 500 ribuah Rupiah untuk iPad Pro 11 inci atau 12,9 inci.

7. Logitech K780 Multi Device Keyboard

Logitech K780

Jika Magic Keyboard dirasa kurang cocok untuk menemani iPad Pro M1 yang kamu gunakan, coba lirik aksesoris Logitech K780 Multi Device Keyboard ini ya!

Sesuai dengan namanya, keyboard nirkabel dari Logitech ini bisa digunakan secara bergantian hingga ke 3 perangkat berbeda. Kamu cukup menekan tombol saja saat ingin berganti penggunaan perangkat tanpa pengaturan yang merepotkan setiap saat.

Hadir dengan warna hitam yang cocok untuk digunakan di meja kerja, Logitech K780 Multi Device Keyboard juga dilengkapi dengan Cradle atau tempat untuk menyangga iPhone atau iPad agar tidak perlu aksesoris lain.

Keyboard nirkabel ini juga dilengkapi dengan tombol Numpad untuk kamu yang sering mengetik banyak angka misalkan membuat laporan keuangan.

Produk Logitech K780 Multi Device Keyboard dijual di Indonesia dengan kisaran harga 1,2 jutaan Rupiah.

8. SanDisk Extreme Pro Portable SSD

SanDisk Extreme Pro Portable SSD

iPad Pro M1 sudah menggunakan teknologi Thunderbolt dengan desain port USB-C, sehingga aksesoris seperti memori penyimpanan eksternal bisa berjalan lebih cepat dan optimal.

Kamu bisa lebih hemat waktu saat melakukan transfer data seperti menyimpan dokumen berukuran besar berupa foto atau video karena kecepatan up to 40Gbps yang digunakan.

Untuk urusan media penyimpanan eksternal di iPad Pro M1, tim MakeMac merekomendasikan aksesoris SanDisk Extreme Pro Portable SSD.

Media penyimpanan dengan teknologi SSD ini menggunakan konektor USB-C yang langsung bisa digunakan pada iPad Pro M1, desain yang kokoh dan kecepatan hingga transfer tinggi hingga 1050MB per detik.

Ukurannya yang kecil dan bodi ringan serta kemampuan standar tahan air (sertifikasi IP55) juga menjadi beberapa pertimbangan menarik untuk membeli produk ini.

SanDisk Extreme Pro Portable SSD dijual dengan pilihan kapasitas penyimpanan 500GB hingga 2TB. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga mulai dari 2 jutaan Rupiah.

Baca Juga: Video Iklan iPad Pro Gantikan Komputer dengan Musikal 'Little Mermaid'

9. HoverBar Duo by Twelve South

Karena ukuran layar iPad Pro M1 yang besar, pasti kamu akan merasa pegal jika harus terus memegang saat digunakan.

Jika ingin menggunakan 2 tangan secara lebih bebas saat mengerjakan sesuatu dengan iPad Pro M1 misalkan di meja kerja atau bahkan di dapur sekalipun, coba gunakan aksesoris HoverBar Duo dari Twelve South.

HoverBar Duo adalah stand atau penyangga iPad yang dapat disesuaikan dengan beragam kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan HoverBar Duo sebagai penyangga dengan alas pemberat yang disediakan, atau menjepitkan HoverBar Duo dari atas ke bawah di meja kerja yang sempit dan dekat dengan rak buku misalnya.

HoverBar Duo cocok untuk digunakan di beragam ruangan rumah. Misalkan di dapur untuk melihat video tutorial sembari memasak, di sebelah komputer Mac untuk menggunakan iPad Pro M1 sebagai monitor tambahan atau sebagai penyangga saat kamu melakukan panggilan video dengan tim kerja.

Aksesoris HoverBar Duo dijual dengan harga $79 atau sekitar 1,2 juta Rupiah.

10. MOFT Float

MOFT Float

MOFT Float adalah case sekaligus penyangga untuk perangkat iPad Pro dengan desain yang unik.

Case ini punya desain penyangga untuk membuat iPad Pro M1 seperti melayang dan punya sudut pandang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan desain 2 in 1 yang diberikan, kamu bisa menggunakan MOFT Float kamu bisa menggunakan aksesoris ini sebagai pelindung iPad Pro sekaligus penyangga saat diperlukan.

Aksesoris MOFT Float dijual dengan harga $54 atau sekitar 780 ribu Rupiah.

Editor : Bagus Hernawan