Iklan Waterproof iPhone Dianggap Menyesatkan, Konsumen Kecewa

Senin, 05 Juli 2021 | 17:39
Cnet

Ilustrasi Waterproof iPhone

Apple sering mengedepankan fitur waterproof iPhone pada iklan komersilnya untuk menarik minat pengguna.

Sayangnya, hal tersebut menjadi masalah ketika beberapa konsumen menganggap bahwa Apple telah menayangkan iklan waterproof iPhone yangmenyesatkan.

Melansir dari Gizchina,muncul gelombang kritik dan kemarahan di kalangan konsumen Cina yang disebabkan oleh iklan waterproof iPhone yang dianggap menyesatkan.

Baca Juga: AirTags Mendatang Dilengkapi Fitur Waterproof dan Magnetic Charging

Kritik konsumen dari Cina pada umumnya menyoroti ketidaksesuaian iklan dengan kebijakan Apple yang berlaku.

Contohnya, baru-baru ini Apple mengeluarkan video iklan yang menunjukanseorang pria sedang menelpon ketika hujan lebat mengunakan iPhone 12.

Iklan tersebut menitikberatkan pada poin bahwa konsumen tak perlu merasa khawatir dengan kerusakan perangkat iPhone 12 karena terendam atau terciprat air.

Namun pada kenyataannya, Apple tidak memberikan garansi apapun ketika perangkat iPhone 12 terendam dalam air.

Selain itu, Apple juga memberikan keterangan bahwa fitur waterproof dapat berkurang kemampuannya karena penggunaan sehari-hari.

Kebijakan Apple yang tak memberikan garansi tahan air di iPhone 12 merupakan masalah besar bagi konsumen.

Anggapan masyarakat terkait kesesatan iklan waterproof iPhone datang dari kebijikan klaim garansiApple.

Harus dikatakan bahwa kurangnya jaminan waterproof di produk smartphone adalah sebuah 'trik' marketing yang hampir dilakukan oleh beberapa vendor smartphone, termasuk Apple.

Jadi, jika smartphone waterproof kalian terendam air dan terjadi beberapa kerusakan, maka kalian harus siap untuk merogoh kocek untuk memperbaikinya.

Gizchina
Gizchina

Iklan waterproof iPhone 12 di Cina

Baca Juga: Seri iPhone 12 Terjual 100 Juta Unit Hanya dalam 7 Bulan, Laku Keras!

Meski tak memberikan jaminan tentang kemampuan waterproof di produknya, konsumen tetap tertarik untuk membeli produk Apple.

Berdasarkan laporan dariCounterpoint Research, Seri iPhone 12 berhasil terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia hanya dalam waktu 7 bulan dari tanggal peluncuran.

Menurut para analis pasar smartphone global, kesuksesan seri iPhone 12 disebabkan oleh 2 hal penting.

Pertama, adopsi teknologi 5G di semua model iPhone 12 merupakan langkah besaruntuk menarik minat beli masyarakat.

Kedua, Apple menggunakan teknologi layar OLED di semua model iPhone 12.

Mungkin, fitur waterproof juga menjadi salah satu faktor penarikdaya beli pengguna, namun jelas hal tersebut bukanlah yang utama.

Bagaimana tanggapan kalian terkait masalah iklan Apple yang dianggap menyesatkan ini?

Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Tag

Editor : Bagus Hernawan