Contek Apple, Google Akan Bikin CPU Sendiri untuk Chromebook

Kamis, 02 September 2021 | 13:11
Apple

Apple M1

Google kabarnya akan mengikuti jejak Apple dengan membuat CPU sendiri berbasis System on Chip untuk perangkat laptop buatannya.

Sebelumnya kabar lain telah menjelaskan bahwa tahun ini Google Pixel 6 akan menggunakan CPU buatan Google sendiri dan telah resmi dikonfirmasi.

Kabar terbaru dari Nikkei Asia (via 9To5Google) juga menyebutkan bahwa Google akan membuat chip atau CPU sendiri untuk perangkat laptop buatannya yaitu Google Chromebook.

Nikkei Asia reports that Google is developing its own chip design for Chromebooks that would replace CPUs provided by Intel, AMD, MediaTek, and other brands. The move was apparently “inspired” by Apple’s success with the M1 Mac.

Baca Juga: (Rumor) MacBook Pro M1X Cuma Punya RAM 32GB Hingga Backlit Touch ID

Dikabarkan bahwak Chromebook akan menggunakan CPU dari Google dengan desain ARM, sama seperti Apple Silicon M1 yang digunakan oleh Apple.

Google kabarnya terinspirasi oleh kesuksesan Apple dalam masa transisi dari Intel ke Apple Silicon yang menggunakan M1 di sejumlah produknya. Yaitu Mac mini, MacBook Air, MacBook Pro, iMac bahkan hingga iPad Pro 2021.

Kapan Chromebook dengan chip dari Google akan resmi dijual di pasaran?

Mengingat berita ini masih sangat awal, kemungkinan besar realisasi alias rilis produknya baru akan dilakukan sekitar tahun 2023 mendatang.

Tentunya kabar ini bisa dibilang sebagai mimpi buruk untuk Intel.

Mengingat sebelumnya Intel telah kehilangan pelanggannya yaitu Apple akibat transisi ke Apple Silicon yang masih terus berjalan.

Ditambah dalam waktu dekat, Apple rumornya akan merilis komputer Mac dengan Apple Silicon generasi kedua.

Produk yang akan rilis adalah MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci. Keduanya dikabarkan akan menggunakan CPU M1X dan menghadirkan performa lebih tinggi dibanding M1 yang rilis tahun lalu.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya