10 Fitur Baru untuk Pengguna iPhone iOS 15, Wajib Kamu Cobain Segera! (Part 2)

Rabu, 22 September 2021 | 18:46

iOS 15

Apakah kamu sudah update ke iOS 15? Sudah membaca artikel MakeMac seputar 10 fitur baru di iPhone iOS 15 yang harus kamu coba?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan daftar 10 fitur baru iOS 15 lanjutan yang bisa segera kamu coba. Penasaran apa saja fitur yang dibahas? Yuk simak langsung!

1. Background Sounds

MakeMac
MakeMac

Background Sounds

Background Sounds berguna untuk menghalau suara sekitar tempat kamu berada, dengan beberapa jenis suara yang dapat dipilih.

Tujuan dari menggunakan Background Sounds adalah mengurangi distraksi dan membantu kamu tetap fokus, rileks atau beristirahat.

Background Sounds di iOS 15 juga bisa digunakan bersama dengan musik yang sedang kamu putar di Spotify atau Apple Music.

Jadi kamu bisa mendengarkan musik dengan tema sendu misalnya, ditambah suara rintik hujan dari Background Sounds.

Pengaturan Background Sounds dapat kamu temukan di Settings - Accessibility - Audio/ Visual - Background Sounds.

Panduan lengkap untuk menggunakan Background Sounds dapat kamu baca di artikel MakeMac berikut ini.

Baca Juga: 10 Fitur Baru untuk Pengguna iPhone iOS 15, Wajib Kamu Cobain Segera!

2. Siri Offline

MakeMac
MakeMac

Siri Offline iOS 15

Sejak dikenalkan di iPhone 4s, akses Siri harus selalu menggunakan koneksi internet.

Namun kini di iOS 15, Siri akhirnya bisa digunakan ketika kamu sedang offline alias tidak terhubung ke jaringan internet misalkan sedang dalam perjalanan pesawat atau lainnya.

Tidak ada pengaturan khusus untuk menggunakan fitur Siri secara offline di iOS 15. Kamu hanya perlu menggunakan pengaturan bahasa English (United States) di Siri lewat Settings - Siri & Search - Language.

Setelah itu coba aktifkan Airplane Mode dan gunakan Siri seperti biasa.

Sebagai catatan, Siri dengan mode offline hanya dapat digunakan untuk beberapa perintah terbatas saja.

Contohnya adalah akses ke pengaturan, membuka aplikasi, mengatur musik yang sedang diputar, membuat timer atau alarm, hingga membaca notifikasi.

Perintah ke Siri yang memerlukan pengecekan ke internet seperti mengecek cuaca atau sebagainya, tetap harus menggunakan koneksi internet.

Baca Juga: Jaringan IndiHome Gangguan, Pengguna iPhone Tak Bisa Update iOS 15

3. Photos EXIF

MakeMac
MakeMac

Photos EXIF iOS 15

Sering mengambil foto di iPhone dan ingin melihat data EXIF (Exchangeable Image File Format) atau metadata yang ada di dalamnya?

Gampang, sekarang fitur ini bisa kamu lakukan langsung di aplikasi Photos pada iOS 15.

Caranya adalah buka foto yang ingin kamu cek dalam mode layar penuh lalu tekan tombol Info di kanan bawah. Cara lebih cepatnya lagi adalah swipe dari bagian bawah layar ke atas.

Data EXIF yang tercatat bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari jenis kamera yang digunakan, format gambar, jenis lensa dan pengaturan seperti Aperture, Shutter, resolusi gambar, hingga ukuran dokumen.

Catatan lokasi pada gambar juga akan tampil jika informasinya ada di gambar tersebut.

Lebih menarik lagi, kamu bisa menekan tombol Adjust untuk mengubah catatan tanggal dan waktu pengambilan gambar jika diperlukan.

4. Ubah Ukuran Font Aplikasi Secara Mandiri

Di iOS 15 ada pengaturan baru untuk font alias Text Size. Kini kamu bisa mengatur Text Size setiap aplikasi secara terpisah.

Contohnya di Instagram, silakan atur Text Size dengan ukuran lebih besar hingga 110%, lalu di aplikasi WhatsApp dengan ukuran 80% saja dan lain sebagainya.

Pengaturan ini masuk dari bagian Accessibility yang bisa diakses lewat Control Center. Berikut ini cara menggunakan fitur Text Size di iOS 15:

MakeMac
MakeMac

Ubah Text Size aplikasi di iOS 15

  1. Masuk ke Settings - Control Center.
  2. Aktifkan pengaturan Text Size.
  3. Buka aplikasi yang ingin mendapatkan ukuran font berbeda dari aplikasi lain. Contohnya Instagram.
  4. Akses Control Center, tekan ikon Text Size.
  5. Tekan ikon Instagram Only di bagian kiri bawah layar.
  6. Slide ke atas atau bawah untuk ukuran font yang kamu inginkan.
Selesai, sekarang aplikasi Instagram akan punya ukuran fotn yangberbeda dengan semua aplikasi atau sistem yang ada di iOS 15.

Baca Juga: Inilah 9 Fitur Aksesibilitas Baru di iOS 15, Simak Daftarnya!

5. iPhone yang Hilang Bisa Dicari Meskipun Dimatikan

MakeMac
MakeMac

Find My di iOS 15

Fitur baru yang ada di iOS 15 ini bisa berguna untuk kamu yang mengalami kendala kecurian perangkat iPhone.

Ya, fitur Find My di iOS 15 bisa tetap bekerja memancarkan lokasi perangkat iPhone meskipun sedang dimatikan oleh orang yang menemukan.

Apple menjelaskan bahwa fitur pelacakan dengan Find My tetap bisa berjalan ketika iPhone dimatikan dalam waktu hingga 24 jam berikutnya.

Fitur ini memanfaatkan teknologi Ultra Wideband alias U1 Chip. Itu artinya fitur ini hanya tersedia di perangkat iPhone 11 series, iPhone 12 series dan iPhone 13 series.

Tanda bahwa perangkat iPhone yang kamu gunakan mendukung pencarian dengan Find My meskipun sedang mati akan tampil sebelum tombol Slide to Power Off digeser.

Ada informasi yang tampil seperti gambar di bawah ini dengan penjelasan bahwa Find My tetap dapat digunakan ketika perangkat mati.

Sebagai tambahan, untuk dapat menggunakan fitur ini pastikan pengaturan Bluetooth di Settings - Bluetooth selalu kamu aktifkan.

Baca Juga: Fitur Find My iOS 15 Bisa Lacak Perangkat iPhone dalam Keadaan Mati

6. Apple ID Account Recovery Contacts

Apple
Apple

Apple ID Account Recovery Contacts

Apakah kamu pernah terkunci dari akses akun Apple ID karena lupa password yang digunakan atau tidak bisa mendapatkan akses ke perangkat yang mendapatkan kode akses tambahan untuk Two Factor Authentication?

Kini di iOS 15 ada fitur baru sebagai jawaban untuk kendala ini. Fitur ini bernama Apple ID Recovery Contact.

Sesuai namanya, Apple ID Recovery Contact adalah cara baru untuk mendapatkan akses ke akun kamu ketika lupa password Apple ID.

Kamu harus mendaftarkan kontak atau akun Apple ID yang dipercaya untuk mereka menerima kode dari Apple dan membantu kamu kembali masuk ke akun Apple ID.

Orang yang kamu daftarkan di Apple ID Recovery Contact disarankan sebagai keluarga dekat yang dapat dipercaya atau anggota dari Family Sharing yang berusia di atas 13 tahun.

Pengguna tersebut juga harus sudah melakukan update ke iOS 15 atau iPadOS 15.

Pengaturan untuk Apple ID Recovery Contact dapat kamu temukan di Settings - Profile (tap nama paling atas - Password & Security - Account Recovery.

Kamu bisa mendaftarkan hingga 5 kontak di bagian Account Recovery.

7. Apple ID Digital Legacy Program

MakeMac
MakeMac

iPhone SE, iPhone 8, iPhone 7 Plus, iPhone 11 Pro

Selain Account Recovery, Apple juga merilis fitur baru lainnya untuk pengaturan Apple ID.

Fitur ini bernama Legacy Contact untuk membantu keluarga atau kerabat dekat mendapatkan data pengguna setelah pemilik akun Apple ID meninggal.

Data yang dapat diakses adalah data dari akun iCloud seperti foto, pesan, catatan, kalendar, daftar aplikasi yang dibeli, dan backup perangkat.

Sebelumnya kamu harus mendaftarkan kontak terpercaya lewat fitur Legacy Contact dan mereka akan mendapatkan kode kunci yang harus disimpan.

Nantinya suatu saat ketika diperlukan, tinggal buka laman Legacy Contact dan minta akses data pengguna yang meninggal, termasuk dengan fitur mematikan iCloud Activation Lock agar perangkat dapat digunakan oleh kerabat lainnya.

Penjelasan lengkap untuk Apple ID Digital Legacy Program dapat kamu baca di laman berikut ini.

Baca Juga: Mencoba WhatsApp Multi Device Beta, Akses di Web Saat iPhone Offline

8. Health

MakeMac
MakeMac

Health Sharing iOS 15

Aplikasi Health di iOS 15 membawa sejumlah fitur baru yang dapat kamu gunakan dengan tema berbagi data kepada pengguna lain.

Meskipun temanya berbagi data, namun kamu tidak perlu khawatir karena standar keamanan yang digunakan Apple sangat ketat.

Fitur berbagi data Health yang ada di iOS 15 meliputi berbagi data kepada sesama teman, health trends di Message, berbagi health data dengan dokter dan mengatur notifikasi data Health untuk keluarga.

Selain seputar berbagi data, Health di iOS 15 juga dilengkapi fitur baru seperti Trends, kestabilan langkah saat berjalan, mencatat hasil tes COVID–19 dan vaksinasi serta peningkatan laporan di lab kesehatan.

9. Weather

MakeMac
MakeMac

Weather di iOS 15

Aplikasi Wether alis perkirana cuaca di iOS 15 mendapatkan tampilan baru yang sangat menarik.

Dari ikon yang digunakan hingga tampilan di dalamnya, semua diubah secara lengkap oleh Apple.

Fitur baru lainnya adalah laporan perkiraan cuaca untuk 10 hari ke depan, animasi latar belakang yang lebih lengkap dan catatan peta di bagian bawah.

10. Drag and Drop Antar Aplikasi

MakeMac
MakeMac

Drag and Drop Antar Aplikasi

Fitur tersembunyi di iOS 15 yang cukup menarik dan sudah tim MakeMac coba adalah drag and drop antar aplikasi.

Contohnya adalah memilih beberapa foto di aplikasi Photos lalu kirim ke Messages. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa akses banyak tombol. Panduan lengkapnya dapat kamu simak di video Reels akun Instagram MakeMac berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya