Server Facebook Tumbang, Mark Zuckerberg Rugi Puluhan Triliun Rupiah!

Selasa, 05 Oktober 2021 | 18:25
Reuters.com

CEO Facebook, Mark Zuckerberg

Server Facebook pada Senin (9/10) malam mengalami down dan menyebabkan seluruh layanan Facebook, Instagram, dan Whatsapp lumpuh total.

Tumbangnya server Facebook ini berdampak besar pada banyak pelanggan dan bisnis yang bergantung pada platform tersebut.

Selain itu, tumbangnya server Facebook juga sangat merugikan Mark Zuckerberg sebagai perusahaan Facebook.

Baca Juga: WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down, iMessage Jadi Trending

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, peristiwa server Facebook yang down telah merugikan Mark Zuckerberg hingga puluhan triliun rupiah.

Bloomberg menyebutkan bahwa kekayaan pribadi Mark Zuckerberg telah turun lebih dari 6 Miliar US Dollar atau sekitar Rp 85,5 Triliun karena peristiwa tersebut.

"Mark Zuckerberg’s personal wealth has fallen by more than $6 billion in a few hours," -Bloomberg

Jatuhnya kekayaan Mark Zuckerberg behubungan dengan anjloknya saham perusahaan raksasa Facebook karena peristiwa server down di platform Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Melansir dari Bloomberg, Aksisell-offtelah membuat saham raksasa media sosial Facebook anjlok sebesar 4,9% pada hari Senin (9/10).

Penurunan 4,9% tersebut menambah rekor buruk perusahaan karena sebelumnya Facebook telah mengalami penurunan sebesar 15% sejak pertengahan September 2021.

Penurunan saham Facebook ini membawa kekayaan Mark Zuckerberg turun menjadi 121.6 miliar US Dollar.

Jumlah kekayaan tersebut membuat Mark Zuckerberg menduduki peringkat 5 orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index.

Mark Zuckerberg berada di bawah nama besar pemilik bisnis teknologi lain seperti Bill Gates, Bernard Arnault, Jeff Bezos, dan Elon Musk.

Bloomberg
Bloomberg

Daftar orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index

Baca Juga: Susul Instagram, Facebook Resmi Meluncurkan Fitur Baru Reels

Sementara itu, Wall Street Journal menyebabkan bahwa penurunan saham Facebook tak hanya dipengaruhi oleh server Facebook yang down selama beberapa jam.

Laporan Wall Street Journal menunjukan bahwa Facebook mengalami banyak masalah besar seperti Instagram yang membahayakan kesehatan mental remaja perempuan.

Masalah-masalah tersebut telah menyita perhatian pemerintah dan menurunkan reputasi Facebook sebagai platform sosial media raksasa.

Terlepas dari kerugian Mark Zuckerberg dan Facebook, peristiwa server Facebook down kali ini salah satu yang terparah di beberapa tahun terakhir.

Facebook juga masih belum memberi keterangan pasti seputar penyebab server Facebook, Instagram, dan Whatsapp down.

Facebook, Instagram, dan Whatsapp hanya mengeluarkan permintaan maaf kepada pelanggan atas masalah tersebut melalui akun Twitter resmi mereka.

Baca Juga: Pengembangan Instagram for Kids Resmi Ditunda, Apa Penyebabnya?

Bagaimana tanggapan kalian seputar masalah server Facebook, Instagram, dan WhatsApp down ini?

Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : MakeMac.com

Baca Lainnya