Apple Rilis CPU M1 Pro dan M1 Max, Generasi Baru untuk Profesional!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 04:41
Apple

Apple M1 Pro dan Apple M1 Max

Apple Event Oktober 2021 telah selesai digelar dan mengenalkan beragam produk baru.

Dalam acara ini Apple fokus pada 2 topik utama yaitu Music dan Mac.

Untuk topik Mac, ada 2 pengumuman penting yang dibagikan dan salah satunya akan kita bahas di artikel ini.

Yaitu CPU buatan Apple terbaru atau Apple Silicon untuk komputer Mac kalangan profesional.

Tahun lalu Apple telah merilis Apple M1 untuk pengguna kasual dan sekarang tiba waktunya pengguna profesional mendapatkan komputer Mac terbaru dengan CPU Apple Silicon atau M series.

Tidak hanya satu, namun Apple langsung merilsi 2 CPU baru untuk Mac. Yaitu Apple M1 Pro dan Apple M1 Max.

Johny Srouji sebagai di Apple menjelaskan bahwa teknolog baru yang ada di Apple M1 Pro dan Apple M1 Max belum pernah ada sebelumnya untuk kalangan profesional.

Yaitu arsitektur system-on-a-chip, peningkatan CPU dan GPU sangat cepat dibandingkan M1, kecepatan memory bandwidth hingga 6x lipat, ProRes dan beragam lainnya.

“M1 has transformed our most popular systems with incredible performance, custom technologies, and industry-leading power efficiency. No one has ever applied a system-on-a-chip design to a pro system until today with M1 Pro and M1 Max,”

“With massive gains in CPU and GPU performance, up to six times the memory bandwidth, a new media engine with ProRes accelerators, and other advanced technologies, M1 Pro and M1 Max take Apple silicon even further, and are unlike anything else in a pro notebook.”

Dalam artikel ini kita akan membahas beragam hal baru seputar Apple M1 Pro dan Apple M1 Max. Yuk simak langsung!

CPU Apple M1 Pro

Apple
Apple

Apple Silicon M1, M1 Pro, M1 Max

Apple M1 Pro dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer teknologi terbaru dan paling kecil untuk CPU laptop.

Total ada 33,7 miliar transistor dalam CPU Apple M1 Pro, jumlah ini 2x lipat daripada M1.

Jumlah inti utama CPU yang digunakan dapat mencapai 10 Core yang dibagi dalam 8 high-performance dan 2 high-efficiency. Apple mengklaim M1 Pro mencapai kecepatan 70% lebih tinggi dibandingkan M1.

Bicara pengolah grafis, M1 Pro dibekali dengan 16 Core GPU yang setara 2x lipat dengan M1.

Untuk bagian Unified Memory alias memori terpadu, spek standar yang digunakan adalah 16GB memory dan dapat dikonfigurasi hingga 32GB.

Dituliskan juga bahwa memory bandwidth di M1 Pro dapat mencapai 200GB/s, sehingga mampu membantu kamu melakukan tugas berat dengan kecepatan akses tinggi seperti mengolah animasi 3D atau pengembangan aplikasi dan games.

Apple M1 Max, Spek CPU Apple Paling Tinggi!

Selain M1 Pro, Apple juga merilsi CPU Apple M1 Max yang punya tenaga lebih besar.

Bicara CPU, Apple M1 Max masih tetap menggunakan teknologi 10 Core CPU. Namun untuk GPU, M1 Max mampu menggunakan konfigurasi maksimal hingga 32 Core GPU!

Itu artinya performa GPU di M1 Pro mampu lebih cepat hingga 4x lipat dibandingkan M1 yang rilis tahun lalu.

Apple menjelaskan bahwa M1 Max menggunakan total 57 miliar transistor, membuatnya 70% lebih banyak daripada M1 Pro dan 3,5x lebih banyak daripada M1.

Dengan kartu grafis super cepat ini, M1 Max dapat melakukan pekerjaan seperti rendering video dengan pengatura yang kompleks via Final Cut Pro hingga 13x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro generasi sebelumnya.

Lanjut ke teknologi Unifide Memory, M1 Max mendukung konfigurasi hingga 64GB. Sedangkan memory interface yang digunakan juga 2x lebih cepat dibandingkan M1 Pro yaitu 400GB/s.

Cepat, Efisien dan Mendukung ProRes

Dengan teknologi CPU yang didesain sendiri oleh Apple, maka integrasi setiap hardware bisa menjadi lebih optimal. Hal ini juga berlanjut pada peningkatan performa dan baterai yang lebih hemat.

Baik M1 Pro atau M1 Max, kini mendukung ProRes professional video codec. Sehingga pengguna seperti editor atau videografer dapat mengolah gambar gerak dengan resolusi tinggi seperti 4K hingga 8K ProRes video dengan tetap hemat baterai.

M1 Max juga disebut punya kemampuan video encoding hingga 2x lebih kencang dibandingkan M1 Pro karena mendukung ProRes accelerators hingga 2x.

Apple menjelasakan bahwa CPU Apple M1 Max dapat melakukan transcode ProRes video di aplikasi Compressor hingga 10x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci generasi sebelumnya.

Apple
Apple

Performa CPU Apple Silicon

Teknologi Baru Lainnya

Apple
Apple

MacBook Pro baru dengan Apple M1x

Berikut ini rangkuman teknologi baru yang didukung oleh Apple M1 Pro atau M1 Max:

  • Neural Engine 16-core untuk akselerasi machine learning di perangkat dan performa kamera yang lebih baik.
  • Display engine baru yang mendukung koneksi monitor eksternal lebih banyak.
  • Thunderbolt 4 dengan jumlah 3 konektor di setiap laptop.
  • Prosesor sinyal gambar kustom Apple, bersama dengan Neural Engine, menggunakan video komputasional untuk meningkatkan kualitas gambar untuk video yang lebih tajam dan warna kulit yang tampak lebih alami pada kamera internal.
  • Keamanan terbaik di kelasnya, termasuk Secure Enclave terbaru dari Apple, boot aman yang diverifikasi perangkat keras, dan teknologi anti-eksploitasi waktu proses.

MacBook Pro yang MenggunakanM1 Pro dan M1 Max

Kedua CPU baru ini langsung digunakan Apple pada jajaran komputer MacBook Pro terbaru alias MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci.

Untuk MacBook Pro 14 inci menggunakan CPU Apple M1 Pro dan MacBook Pro 16 inci dengan CPU Apple M1 Max.

Pembahasan untuk keduanya akan tim MakeMac bagikan di artikel terpisah.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Apple M1 Pro dan M1 Max? Bagikan di kolom komentar atau Tweet ke @makemac ya!

Editor : Bagus Hernawan