5 Persiapan Wajib Dilakukan Sebelum Update ke macOS Monterey

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:45
Gizmodo

macOS Monterey

Update macOS Monterey akan segera rilis atau tepatnya nanti tanggal 26 Oktober 2021 pukul 00.00 WIB.

macOS Monterey adalah sistem operasi terbaru untuk komputer Mac yang menghadirkan beragam fitur untuk membantu kamu terhubung lebih mudah dan peningkatan privasi.

Sebelum mengunduh dan instal macOS Monterey, ada beberapa persiapan yang sebaiknya kamu lakukan. Berikut ini tim MakeMac telah merangkum 5 persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum update macOS Monterey.

5 Persiapan Wajib Dilakukan Sebelum Update ke macOS Monterey

1. Apakah Mac Kamu Mendukung Monterey?

Apple
Apple

Macbook Pro M1

Langkah pertama adalah pastikan komputer Mac yang kamu gunakan, masuk dalam daftar perangkat yang mendukung macOS Monterey.

Di web Apple dijelaskan bahwa Mac yang mendukung macOS Monterey adalah iMac Late 2015 atau lebih baru, Mac Pro Late 2013 atau lebih baru, iMac Pro 2017 atau lebih baru, Mac mini 2014 atau lebih baru, MacBook Air Early 2015 atau lebih baru, MacBook Early 2016 atau lebih baru dan MacBook Pro Early 2015 atau lebih baru.

Untuk melihat tipe dan tahun versi Mac yang kamu gunakan, silakan akses di Menu Bar bagian logo Apple lalu tekan About This Mac.

Baca Juga: Update Keynote, Numbers dan Pages: Fitur Baru dan Mendukung iOS 15, macOS Monterey

2. Update Aplikasi

Mac App Store

Persiapan kedua sebelum download dan update macOS Monterey adalah melakukan update untuk aplikasi di komputer Mac.

Tujuannya adalah memastikan aplikasi tersebut sudah ada dalam versi paling baru dan mendukung macOS Monterey begitu selesai melakukan instalasi.

Untuk aplikasi di Mac App Store, cara update yang bisa kamu lakukan tentu sangat mudah. Tinggal masuk aplikasi App Store di komputer Mac lalu akses bagian Update. Tekan tombol Update atau Update All lalu tunggu proses download dan instal aplikasi terbaru selesai.

Untuk aplikasi dari pengembang pihak ketiga, silakan akses ke website masing-masing atau gunakan fitur Check for Updates jika tersedia di setiap aplikasi.

3. Cadangkan Data Penting Keluar Komputer

Apple
Apple

Time Machine

Langkah persiapan berikutnya adalah membuat cadangan data. Tujuannya adalah apabila proses update macOS Monterey gagal atau bermasalah seperti gagal booting, lemot, error dan lain sebagainya lalu kamu harus melakukan instal ulang, data yang ada di komputer sudah diamankan sebelumnya.

Ada beberapa cara untuk mencadangkan data keluar dari komputer. Mulai dari salin data secara manual ke storage eksternal.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu mencadangkan data ke layanan cloud storage seperti iCloud, DropBox dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk cara yang direkomendasikan Apple adalah mencadangkan data ke Time Machine. Info lengkap seputar Time Machine dapat kamu baca di web Apple Support berikut ini.

Baca Juga: Apple Luncurkan MacOS Monterey 25 Oktober, Ini Daftar Fitur Terbaru!

4. Koneksi Internet, Waktu yang Tepat dan Storage Cukup

Apple
Apple

macOS 12 Monterey

Tips berikutnya adalah gunakan koneksi internet yang stabil dan cepat serta pilih waktu yang tepat untuk update.

Ukuran dokumen update macOS Monterey sekitar 12GB. Jika kamu menggunakan koneksi internet dengan kecepatan 10Mbps, maka kamu perlu waktu hampir 3 jam untuk mengunduhnya saja.

Anggap saja proses instal dan beragam pengaturan setelahnya memerlukan waktu 1 jam, sehingga secara total kamu perlu waktu 4 jam hingga siap menggunakan macOS Monterey.

Contoh di atas bisa berbeda lagi jika kamu menggunakan koneksi internet dengan kecepatan 100Mbps, waktu unduh yang diperlukan hanya sekitar 15 menit.

Untuk pemilihan waktu yang tepat, maksudnya adalah kamu tidak perlu terburu-buru untuk segera update.

Karena begitu macOS Monterey rilis, Apple Fanboy sedunia juga ingin segera melakukan update dan biasanya berdampak pada akses server Apple menjadi lebih lambat.

Mungkin kamu bisa menunda update macOS Monterey hingga beberapa hari setelahnya atau setelah melakukan backup seperti tips di atas.

Tips tambahan adalah pastikan kamu punya kapasitas penyimpanan kosong yang cukup. Saya biasanya mengalokasikan sekitar 50GB kapasitas penyimpanan kosong sebelum melakukan update macOS.

Baca Juga: Download Wallpaper Spesial MacBook Pro 2021, Ada Buat iPhone Juga

5.Baterai atau Charger

Untuk melakukan update macOS Monterey, pastikan baterai di MacBook Air atau MacBook Pro yang kamu gunakan cukup atau sudah terisi penuh.

Lebih baik lagi jika kamu menghubungkan laptop Mac ke charger yang digunakan agar daya listrik tetap stabil dan mencegah komputer kehabisan baterai di tengah proses update.

Selamat Update!

Selamat update ke macOS Monterey! Cara melakukan update macOS Monterey adalah masuk ke bagian System Preferences - Software Update.

Tunggu proses download selesai di bagian ini lalu tekan instal. Komputer Mac akan melakukan restart dan proses update dilakukan dalam waktu sekitar 30 menit.

Editor : Bagus Hernawan