Minat Belanja Online di Indonesia Meningkat, Apakah Konsumen Bahagia?

Selasa, 02 November 2021 | 20:30

Ilustrasi belanja online di perangkat Macbook

Minat masyarakat Indonesia terhadap aktivitas belanja online semakin meningkat dari waktu ke waktau.

Berbagai kalangan masyarakat di Indonesia menyukai aktivitas belanja online dengan segala kemudahan yang ditawarkan.

Hasil penelitian dari salah satu lembaga riset pun mencatat bahwa terdapatkan lonjakan volume 5 sampai 10 kali lipat volume permintaan selama masa pandemi.

Bahkan turut diprediksi bahwa nantinya ada sekitar 77 persen konsumen yang akan tetap dan atau meningkatkan penggunaan platform belanja online dibandingkan saat ini.

Dengan begitu, dapat diasumsikan bahwa adopsi penggunaan aplikasi e-commerce pun akan terus meningkat.

Namun apakah konsumen Indonesia bahagia belanja online di e-commerce?

Menjawab pertanyaan tersebut, Nextren telah melakukan riset mengenai Indeks Kebahagiaan E-Commerce tahun 2021 ini.

Gagasan awal riset merujuk pada riset Chip yang sempat melakukan inisiatif serupa pada tahun 2016 silam.

Untuk proses penilaian hasil riset pun merujuk pada pembobotan terhadap perhitungan tingkat kepuasan dan emosi.

Dengan harapan, hasilnya akan menampilkan persentase yang lebih akurat untuk melambangkan pilihan dari responden.

Responden Riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce

Riset ini sudah dilakukan sejak tanggal 19 Juli sampai 4 Agustus 2021, menggunakan metode riset kuantitatif yang disebar secara online melalui berbagai platform.

Jumlah responden yang terlibat dalam riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce tercatat ada 2020 responden yang terdiri dari usia 15 - 65 tahun ke atas.

Mereka yang ikut serta pun adalah orang-orang yang mengaku melakukan kegiatan belanja online di e-commerce setidaknya tiga bulan terakhir dengan status ekonomi mulai dari bawah hingga atas.

Demografi

Penyebaran peta responden terlihat bahwa 21 persen orang yang ikut dalam riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce 2021 berasal dari wilayah Jabodetabek.

Lalu disusul oleh beberapa kota di Indonesia seperti, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lainnya.

Mayoritas responden pun berada di kisaran umur 25 - 34 tahun.

Sedangkan untuk rata-rata pengeluaran per bulan (di luar cicilan) responden, terlihat bahwa kebanyakan yang ikut serta dalam riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce berada di angka Rp 1,4 juta hingga Rp 2,8 juta.

Lebih lanjut mengenai riset Indeks Kebahagiaan E-Commerce 2021, Nextren menggunakan 9 indikator yang diformulasikan berdasarkan survei yang pernah dilakukan sebelumnya, antara lain:

1. User Interface

Pada indikator pertama ini, tujuan riset untuk melihat seberapa besar kepuasan konsumen terhadap estetika tampilan, kemudahan akses, dan kecepatan akses aplikasi e-commerce.

2.Brand Image

Hal-hal yang menyangkut indikator Brand Image meliputi integritas,brand image, dan keamanandatabasepenyedia layanan belanja online.

3. Security

Pada indikator berikut ini menyoroti tiga poin yakni keamanan website, keamanan pembayaran, dan keamanandatabase.

4. Personalized/ Payment

Kemudian untuk indikator Personalized/Paymentterdapat beberapa hal seperti pilihan pembayaran langsung, pilhan pembayaran kredit, dan kemudahan bertransaksi.

5. Interactive Network/ Customer Service

Lalu pada indikator kelima, Nextren menyematkan beberapa poin penilaian yakni banyaknya ulasan customer, komunikasi dengan penjual, dan kemudahan proses mediasi di platform e-commerce.

6. Products

Untuk indikator Products terdapat tiga sub-indikator yang terdiri dari keberagaman produk, harga produk, serta kualitas produk setelah diterima.

7. Logistics

Proses setelah pembelian pun masuk ke dalam indikator Logistics dengan tiga poin di dalamnya yaitu pilihan pengiriman, ketersediaan stok, dan ketepatan waktu pengiriman.

8. Non-Marketplace Features

Riset tim Nextren kali ini juga menyangkut terkait Non-Marketplace Features yang terdapat di aplikasi dan dibagi menjadi beberapa hal seperti produkdaily use, produkinvestment, dan produkservice.

9. Seller

Indikator terakhir yang digunakan Nextren adalah Seller yang turut menilai dengan sub-indikator kecepatan respon, kejujuran penjual, dan keramahan penjual.

Lantas e-commerce mana yang paling membuat para konsumen di Indonesia merasa bahagia?

Ikuti terus kelanjutan informasi terkait Indeks Kebahagiaan E-Commerce 2021 yang akan Nextren buat secara terpisah di artikel selanjutnya.

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya