Daftar E-commerce yang Rutin Dipakai Konsumen Indonesia Belanja Online

Rabu, 03 November 2021 | 21:20
pxfuel.com

Ilustrasi belanja online lewat MacBook

Jika berbicara soal e-commerce, tentunya akan muncul banyak deretan perusahaan yang menyediakan layanan tersebut di Indonesia.

Setidaknya sejak 10 tahun lalu, masyarakat di Tanah Air sudah mulai dijejali dengan kehadiran platform belanja online e-commerce.

Tapi tahukah kamu bahwa tercatat ada dua e-commerce yang paling sering dipakai konsumen Indonesia saat ini.

Temuan tersebut didapatkan Nextren melalui hasil riset Index Kebahagiaan E-Commerce 2021.

Riset tersebut telah rampung setelah dimulai sejak tanggal 19 Juli hingga 4 Agustus lalu dengan 2020 responden yang terlibat di dalamnya.

Mereka mengungkapkan e-commerce mana saja yang paling sering dipakai untuk belanja online.

Menariknya, responden pria dan wanita pun memiliki pilihan e-commerce dan produk pembelian yang berbeda.

Penasaran e-commerce apa yang paling sering dipakai konsumen Indonesia?

Simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini.

E-Commerce Paling Sering Digunakan Belanja Online

bca.co.id
bca.co.id

Dapatkan diskon spesial Bank BCA di Shopee 9.9

1. Shopee

Berdasarkan hasil riset Index Kebahagiaan E-Commerce 2021, tercatat bahwa posisi pertama untuk kategori e-commerce yang biasa digunakan dan paling sering digunakan konsumen Indonesia adalah Shopee.

Perusahaan tersebut memiliki persentase tertinggi dengan 82 persen responden mengaku biasa menggunakan Shopee dan 56 persen responden paling sering menggunakannya untuk belanja online.

Tokopedia
Tokopedia

Ilustrasi program belanja WIB di Tokopedia.

2. Tokopedia

Kemudian posisi kedua ditempati oleh Tokopedia yang merupakan e-commerce buatan asli Indonesia yang hadir sejak tahun 2009 lalu.

E-Commerce tersebut memiliki persentase sebesar 68 persen responden yang biasa menggunakan Tokopedia.

Sedangkan untuk intensitas pemakaian Tokopedia sendiri berada di angka 30 persen responden yang mengaku paling sering menggunakannya.

Zihan Fajrin

Lazada ternyata merupakan aplikasi penghasil uang berikutnya dengan hadirkan fitur baru.

3. Lazada

Kemudian untuk urutan ketiga ditempati oleh Lazada yang meraup persentase 30 persen untuk kebiasaan konsumen dalam menggunakan e-commerce.

Untuk seberapa sering penggunannya, tercatat kalau Lazada memiliki tingkat persentase sebesar 8 persen.

Dan urutan 4 sampai 8 ditempati oleh e-commerce berikut ini:

4. Bukalapak

5. JD.ID

6. BliBli

7. Zalora

8. Sociolla

Perbedaan Pilihan E-Commerce Laki-Laki dan Perempuan

Persentase yang cukup menarik terjadi pada pilihan e-commerce antara laki-laki dan perempuan.

Meski baik laki-laki ataupun perempuan memilih Shopee, Tokopedia, dan Lazada di tiga peringkat teratas.

Namun untuk posisi, ke-4 tercatat bahwa responden pria lebih banyak menggunakan Bukalapak.

Sedangkan responden perempuan memilih JD.ID sebagai e-commerce andalan di urutan yang sama.

Selain itu, perbedaan yang kentara juga terjadi pada posisi e-commerce Sociolla, di mana untuk responden perempuan mencatat persentase 10.1 persen.

Tapi untuk responden laki-laki hanya berada di kisaran 0.7 persen dan berada di urutan kedua dari bawah.

Perbedaan Produk Belanja Laki-Laki dan Perempuan

Bukan hanya berbeda untuk urusan platform e-commerce, namun responden laki-laki dan perempuan pada riset Index Kebahagiaan E-Commerce pun memiliki minat produk yang berbeda.

Responden laki-laki menempatkan produk elektronik seperti HP, komputer, laptop, dan sebagainya di urutan pertama.

Kategori tersebut memiliki persentase sebesar 59 persen dan tertinggi dibanding yang lainnya.

Sedangkan responden wanita memilih produk Kecantikan sepertimakeup, skincare, dan lain-lainnya di urutan teratas dengan jumlah persentase 71 persen.

Penasaran dengan informasi yang lebih detil tentang perilaku belanja online masyarakat Indonesia tahun 2021?

Simak terus informasi menariknya yang bisa disimak saat peluncuran Index Kebahagiaan E-Commerce 2021 diNextren.compada 5 November 2021.

(*)

Tag

Editor : Bagus Hernawan