(Video) Steve Jobs Kenalkan iPhone Pertama Tepat 15 Tahun Lalu

Senin, 10 Januari 2022 | 16:29

Steve Jobs dan iPhone 2G

Tanggal 9 Januari 2007 adalah hari yang pasti diingat oleh para Apple Fanboy.

Di hari tersebut tepatnya pada acara Macworld Expo di San Francisco, California, iPhone generasi pertama resmi dikenalkan.

Steve Jobs mengatakan bahwa iPhone adalah perangkat yang menggabungkan iPod dengan kendali layar sentuh, ponsel, dan perangkat komunikasi internet.

Kutipan paling bermakna dari presentasi Steve Jobs dalam acara tersebut adalah "Today, Apple is going to reinvent the phone".

Meskipun dikenalkan pada Januari 2007, perangkat iPhone belum langsung dijual saat itu juga. Apple mulai menjual iPhone pertama atau yang biasa disebut iPhone 2G pada bulan Juni.

Perangkat iPhone 2G menggunakan ukuran bentang layar 3,5 inci dengan resolusi 480x320 piksel. Kameranya hanya 2MP saja dan tidak ada kamera depan.

Desain iPhone 2G sangat revolusioner pada jaman tersebut karena gadget lain masih menggunakan stylus dan sudah menggunakan layar teknologi capacitive, di mana para pesaingnya masih menggunakan layar resistive yang kurang sensitif dan resolusi lebih rendah.

Ciri khas iPhone adalah menggunakan desain minimalis dan konsisten yaitu Home Button di tengah bawah, Mute Button di kiri bersama Volume Button dan Power Button di bagian atas.

Di masa awal banyak pengamat gadget yang meragukan iPhone dan mengatakan bahwa produk ini tidak akan sukses.

Ya, mengingat pada masa rilis awal fitur yang disediakan Apple untuk iPhone masih sangat terbatas.

Dok. MakeMac

iPhone 2G

Perangkat iPhone 2G di sistem operasi pertama tidak bisa membuat gambar tangkapan layar alias screenshot, tidak ada App Store, tidak mendukung copy paste dan beragam batasan lainnya.

Apple tidak tinggal diam, semua perbaikan yang diperlukan akhirnya diberikan pada update berikutnya. Apple juga merilis iPhone generasi penerus setiap tahun dengan spek CPU yang lebih kencang serta beragam teknologi baru lainnya.

Setelah iPhone 2G, Apple merilis iPhone 3G di tahun 2008, iPhone 3Gs di tahun 2009, iPhone 4 di tahun 2010, iPhone 4s di tahun 2011, dan seterusnya.

Dalam setahun pertama, iPhone 2G hanya dijual untuk pengguna di Amerika Serikat saja dan menggunakan sistem bundle operator AT&T.

Apple mencatat penjualan iPhone 2G dalam setahun pertama ada di angka 1,4 juta unit. Kini angka penjualan yang sama bisa dicapai Apple dalam waktu 2,5 hari saja.

Setelah 15 tahun berlalu, Apple menjadikan iPhone sebagai produk utamanya yang rilis setiap tahun. Rilisnya iPhone baru selalu ditunggu oleh para Apple Fanboy sedunia setiap tahunnya.

Dalam setiap laporan keuangan yang dibagikan Apple, penjualan produk iPhone mencapai lebih dari 50 persen total keuntungan yang diterima perusahaan.

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun ke–20, iPod! Pemutar Musik Digital Era Steve Jobs

Sejak tahun 2017 alias tepat 10 tahun iPhone rilis, Apple mengubah strategi untuk peluncuran produk iPhone.

Biasanya setiap tahun hanya akan rilis 1 jenis perangkat iPhone saja. Namun mulai tahun 2017, Apple merilis iPhone X bersama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Di tahun berikutnya Apple merilis iPhone Xs dan iPhone XS Max dengan ukuran layar paling besar. Hingga sekarang Apple menggunakan strategi merilis 4 ukuran iPhone flagship setiap tahunnya, contoh di tahun 2021 dengan iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Sepanjang 15 tahun perangkat iPhone riis, kamu sudah pernah menggunakan tipe apa saja?

Editor : Bagus Hernawan