TikTok telah menjadi platform media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.
Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa, tidak sedikit yang memiliki akun TikTok.
Guna menjaga eksistensinya, perusahaan milik ByteDance ini tidak berhenti melakukan inovasi demiinovasi.
Salah satubentuk inovasi yang rutin dilakukan oleh TikTok adalah peluncuran fitur-fitur baru.
TikTok sendiri memang dikenal sering merilis berbagai macam fitur baru kepada para penggunanya.
Sejak pertama kali dirilis di tahun 2016, sudah tidak terhitung berapa fitur baru yang telahTikTok luncurkan.
Terbaru, TikTokmengkonfirmasi bahwa mereka berencanameluncurkan sebuah fitur baru lagi.
Fitur baru yang akan dirilis oleh TikTok kepada seluruh penggunanya yaitu fitur berlangganan (subscription).
Apa sebenarnya fungsi dari fitur berlangganan yang akan dirilis TikTok?
Baca Juga: TikTok Stories Bakal Terintegrasi dengan FYP, Begini Detailnya!
Melansir dari 9to5mac, fitur berlangganan berguna untuk memfasilitasi kreator TikTok yang ingin mematok tarif langganan.
Nantinya, tarif berlangganan dapat dipatok oleh kreator untuk setiap konten-konten eksklusif.
Konten eksklusif hanya akan bisa dinikmati oleh pengikut sang kreator yang sudah menjadi pelanggan.
Sedangkan untuk pengikut yang tidak berlangganan, mereka tidak akan bisa menikmati konten eksklusif yang diluncurkan kreator.
Namun, sampai sekarang masih belum jelas apakah tarif berlangganan dapat dipatok secara bebas atau sudah ditentukan oleh TikTok.
Selain itu, sampai sekarang informasi soal jadwal perilisan fitur berlangganan TikTok ini masih belum tersedia.
Tetapi menurut laporan, saat ini fitur baru tersebut masih dalam tahap uji coba secara terbatas.
Sementara itu, rencana peluncuran fitur berlangganan TikTok ini diumumkan tidak lama setelah kompetitornya, yakni Instagram meluncuran fitur serupa.
Sebagaimana diketahui, Kamis (20/1/2022) anak perusahaan Meta tersebut resmi meluncurkan fitur berlangganan.
Baca Juga: TikTok Bakal Luncurkan TikTok Kitchen, Jual Makanan dan Minuman Viral
Dengan fitur berlangganan, pengguna bisa mendukung konten kreator favorit mereka dengan cara mengaktifkan langganan berbayar.
Nantinya, pengguna akan mendapatkan konten-konten eksklusif setelah membayar biaya berlangganan yang ditetapkan oleh konten kreator.
Instagram mengatakan bahwafitur berlangganan juga dapat dimanfaatkan oleh kreator untuk mendekatkan diri dengan followers setia melalui konten-konten eksklusif.
Apakah nantinya cara kerja fitur berlangganan TikTok akan sama dengan Instagram?
Jawabannya baru bisa ditemukan ketika TikTok sudah meluncurkannya ke publik. (*)
Baca Juga: TikTok Bakal Luncurkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Repost Konten Video