Update watchOS 8.4 Akan Mendukung Fitur ECG di Indonesia

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:00
MakeMac

ECG di Apple Watch

Apakah kamu sudah menggunakan Apple Watch Series 4 atau yang lebih baru?

Tahukan kamu bahwa di Apple Watch Series 4 atau yang lebih baru ada fitur elektrokardiogram atau EKG (ECG) yang berguna untuk membaca sensor detak jantung listrik?

Fitur ini sudah rilis sejak tahun 2018 namun baru dibuka oleh Apple untuk beberapa negara saja dan terus diperluas secara bertahap.

Kini kabarnya fitur EKG akan segera dibuka untuk wilayah Indonesia. Informasi ini tim MakeMac dapatkan dari akun Twitter @zollotech. Aaron Zollo menjelaskan bahwa dia mendapatkan pesan bahwa fitur ECG sudah dapat digunakan oleh pengguna watchOS 8.4 di Indonesia.

Bagi kamu yang belum tahu, watchOS 8.4 sekarang masih dalam label Beta atau versi percobaan.

Update watchOS 8.4 mungkin akan segera dibagikan oleh Apple dalam pekan ini untuk pengguna umum.

Setealh cuitan dari Aaron Zollo ini viral, tim MakeMac bisa memastikan bahwa watchOS 8.4 memang akan mendukung EKG di Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa Sahabat MakeMac di Instagram.

ECG di watchOS 8.4

Mereka sudah mencoba instal watchOS 8.4 di perangkat Apple Watch Series 4 atau lebih baru dan menemukan fitur EKG yang selama ini belum bisa digunakan.

Baca Juga: Update watchOS 7.6 Resmi Dirilis, Tambah Dukungan ECG untuk 30 Negara

Apa Itu ECG?

Elektrokardiogram (EKG) adalah tes yang mencatat waktu dan kekuatan sinyal listrik yang membuat jantung berdetak. Dengan melihat EKG, dokter dapat memperoleh informasi tentang irama jantung dan mendeteksi irama yang tidak teratur.

Apple
Apple

ECG

Aplikasi EKG dapat merekam detak jantung dan ritmenya menggunakan sensor jantung elektrik di Apple Watch Seri 4, Seri 5, Seri 6, atau Seri 7, lalu memeriksa rekaman untuk fibrilasi atrium (AFib), suatu bentuk ritme yang tidak teratur.

Sebagai tambahan, ECG di Apple Watch tidak bisa digunakan untuk mendeteksi serangan jantung, pembekuan darah atau stroke, atau kondisi terkait jantung lainnya seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, kolesterol tinggi dan aritmia.

Kegunaan utama ECG di Apple Watch adalah deteksi detak jantung yang tidak teratur (Atrial Fibrillation) dan mencatat di aplikasi Health bawaan.

Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi jika ECG mendeteksi Atrial Fibrillation dan disarankan untuk segera pergi ke dokter guna melakukan pengecekan lebih lengkap.

Editor : Bagus Hernawan