Update iOS 15.4 Beta 1 Bawa Fitur Buka Face ID dengan Masker

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:25
Wikimedia Commons

Fitur Face ID yang ada di smartphone iPhone X

Apple telah merilis update iOS 15.4 Developer Beta 1 untuk dicoba oleh para pengembang.

Ada sejumlah fitur baru yang diujikan dan juga perbaikan di belakang layar.

Salah satu yang paling menarik adalah fitur Face ID yang ada di iOS 15.4 Beta 1.

Yaitu mode buka kuncian layar dengan pemindai biometrik wajah alias Face ID yang kini bisa mengenali wajah pemilik iPhone ketika menggunakan masker.

Sebelumnya Apple memang sudah merilis fitur membuka Face ID dengan masker namun kamu juga harus menggunakan Apple Watch sebagai otentifikasi tambahan.

Kini di iOS 15.4 Beta 1, Apple sedang menguji fitur buka Face ID dengan masker tetapi tidak perlu menggunakan Apple Watch.

Dikutip dari Apple Insider, fitur buka Face ID dengan masker ini tersedia sebagai pengaturan tambahan di bagian Settings - Face ID and Passcode - Use Face ID With a Mask.

Apple memberikan penjelasan bahwa fitur Use Face ID With a Mask akan membaca bagian wajah di sekitar mata sebagai mode otentifikasi biometrik. Pengguna juga harus menatap layar iPhone untuk menggunakan mode Use Face ID With a Mask.

Apple Insider
Apple Insider

Use Face ID With a Mask

Dijelaskan juga bahwa pengenalan wajah dengan Face ID yang paling akurat adalah menggunakan mode pemindaian Face ID secara lengkap. Yaitu bagian dahi, mata, hidung hingga sekitar mulut.

“Face ID is most accurate when it’s set up for full-face recognition only. To use Face ID while wearing a mask, iPhone can recognize the unique features around the eye area to authenticate.”

Baca Juga: Awas! Ganti Layar iPhone 13 Sembarangan Bisa Rusak Fitur Face ID

Selain Use Face ID With a Mask, Apple juga memberikan pengaturan tambahan yaitu Add Glasses atau mendeteksi wajah pengguna yang berkacamata sekaligus menggunakan masker.

Namun fitur ini hanya berlaku saat kamu menggunakan kacamata baca alias bukan kacamata dengan lensa gelap.

Sayangnya fiturUse Face ID With a Mask ini baru tersedia di perangkat iPhone 12 series dan iPhone 13 series saja dalam pengujian awal. Mungkin Apple akan menambah dukungan ke perangkat lain di versi Betaberikutnya.

Bagaimana pendapat kamu seputar fitur Use Face ID With a Mask di iOS 15.4 Beta 1? Tertarik mencoba atau ingin menunggu saja hingga update ini resmi dibagikan kepada pengguna umum?

Editor : Bagus Hernawan