Selamat Datang iPhone SE 2022: CPU A15 Bionic dan Bodi Lawas Ikonik

Rabu, 09 Maret 2022 | 02:47
Apple

iPhone SE 2022

Apple resmi mengenalkan iPhone SE generasi ketiga atau iPhone SE 2022 di Apple Event Maret tahun ini.

Perangkat iPhone SE 2022 menggunakan CPU A15 Bionic, teknologi 5G, kamera baru dan desain bodi lawas yang ikonik seperti perangkat iPhone 8 dan iPhone SE 2020.

Kaiann Drance, VP of Worldwide iPhone Product Marketing Apple mengatakan iPhone SE telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pengguna lama dan calon pengguna produk iPhone.

Beberapa alasannya adalah desain yang ikonik, harga terjangkau dan spek yang cukup untuk berbagai kalangan pengguna.

“iPhone SE has been an incredibly popular choice with our existing users and for new iPhone customers, thanks to its iconic design, exceptional performance, and affordable price. This year we’ve built the most powerful and durable iPhone SE yet, with better battery life thanks to A15 Bionic, the same chip as our iPhone 13 lineup that also unlocks advanced camera features like Smart HDR 4, Photographic Styles, and Deep Fusion,”

“And with 5G, iPhone SE gives users faster downloads and uploads, higher quality video streaming, real-time interactivity in apps, and much more. Delivering the latest generation of technology and performance at this price is something only Apple can do.”

Berikut ini rangkuman fitur dan hal menarik dari iPhone SE 2022 yang wajib kamu tahu.

Layar 4,7 inci

Apple
Apple

iPhone SE 2022 warna (PRODUCT)RED, Starlight, Midnight

Bagi kamu yang pernah menggunakan iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8 dan iPhone SE 2020, pasti sangat familiar dengan ukuran layar yang digunakan iPhone SE 2022.

Ya, semua perangkat yang saya sebutkan di atas menggunakan ukuran diagonal layar 4,7 inci dengan teknologi LCD.

Untuk iPhone SE 2022, Apple menjelaskan bahwa spek kaca di belakang bodinya menggunakan material yang sama dengan iPhone 13 series. Yaitu kaca yang ekstra kuat dan tahan goresan.

Sama seperti iPhone SE 2020, perangkat iPhone SE terbaru ini juga masih menggunakan Home Button dan juga Touch ID sebagai sensor biometrik keamanan untuk membuka kuncian layar, otentifikasi pembelian di App Store, pembayaran dengan Apple Pay dan beragam lainnya.

CPU A15 Bionic

iPhone SE 2022

Tahun lalu Apple mengenalkan iPhone 13 series dengan CPU A15 Bionic sebagai CPU paling cepat di perangkat iPhone.

Kini teknologi yang sama juga dibawa oleh Apple ke perangkat iPhone SE 2022.

CPU A15 Bionic menggunakan konfigurasi 6 Core CPU (2 Core high-performance dan 4 Core high-efficiency) dan 16-core Neural Engine.

Spek ini membuat iPhone SE 2022 punya kecepatan hingga 1,8x lebih ngebut dibandingkan iPhone 8 yang rilis tahun 2017.

Meskipun menggunakan bodi berukuran kecil, namun efisiensi baterai di iPhone SE 2022 diklaim mampu lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya berkat CPU A15 Bionic.

Kamera Baru Ditenagai A15 Bionic

Berkat penggunaan CPU A15 Bionic, iPhone SE 2022 mendukung beragam teknologi Computational Photography yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat iPhone 13 series.

Bicara spek kamera belakang, hasil jepretan iPhone SE 2022 menggunakan resolusi 12 MP yang mendukung hingga ƒ/1.8 aperture.

Beberapa fitur computational photography yang didukung adalah Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, and Portrait mode

Smart HDR 4 menggunakan segmentasi cerdas untuk menerapkan penyesuaian berbeda untuk warna, kontras, dan noise pada subjek versus latar belakang. Teknologi ini memastikan wajah terekspos dengan baik dalam pencahayaan yang cerah dan melakukan rendering foto di bagian wajah satu per satu, dengan penyesuaian berbeda yang dioptimalkan untuk pencahayaan dan warna kulit setiap orang.

Teknologi 5G

iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 juga mendukung teknologi jaringan 5G dan menjadikannya iPhone paling murah yang sudah mendukung 5G.

Dengan jaringan 5G, kamu dapat melakukan panggilan Facetime HD dengan lebih lancar dan jelas, mengunduh file secara lebih cepat, menggunakan SharePlay di iOS 15 untuk menikmati konten bersama teman lewat panggilan video Facetime yang terintegrasi dengan fitur multimedia.

Harga dan Ketersediaan

Tertarik membeli iPhone SE 2022? Perangkat iPhone SE dijual dengan 3 pilihan warna yaitu (PRODUCT)RED, Starlight, Midnight.

Kapasitas penyimpanan yang tersedia adalah 64GB, 128GB dan 256GB. Untuk harganya yaitu $429, $479 dan $579. Jika dikonversi ke Rupiah, harga iPhone SE 2022 mulai dari 6,2 juta Rupiah.

Perangkat iPhone SE dapat dipesan lewat Apple Online Store di negara yang mendukung mulai tanggal 11 Maret 2022.

Produk ini dapat dibeli secara langsung di Apple Store alias mulai resmi dijual pada Jumat 18 Maret mendatang.

Editor : Bagus Hernawan