Rumor MacBook Air M2 dan Rencana Apple Hapus MacBook Pro Tahun ini

Jumat, 11 Maret 2022 | 12:00
Apple

MacBook Air M1

Perangkat MacBook Air dan MacBook Pro dengan CPU Apple M1 telah dikenalkan pada tahun 2020 dan sekarang sudah hampir masuk ke usia dua tahun.

Dalam waktu dekat, dikabarkan Apple akan merilis generasi kedua dari CPU Appel Silicon yaitu Apple M2.

Dari sejumlah rumor menjelaskan bahwa produk pertama yang akan menggunakan CPU Apple M2 adalah MacBook Air dan MacBook Pro seperti saat M1 pertama rilis.

Apa bedanya CPU Apple M1 dan CPU Apple M2? Dikutip dari 9To5Mac, Apple M2 (kode nama Staten) akan menggunakan basis dari Apple 15 Bionic. Sebelumnya Apple M1 menggunakan basis dari CPU A14 Bionic.

Baik M1 atau M2 akan tetap menggunakan spek 8 Core CPU. Namun untuk bagian GPU, rumor menyebutkan bahwa akan ada peningkatan di M2 yaitu spek 10 Core GPU.

… the M2 chip (internally known as “Staten”) is based on the A15 chip. Although it has an eight-core CPU just like M1, M2 will bring a more powerful 10-core GPU.

Baca Juga: (Rumor) MacBook Pro M2 Akan Hadir Dengan Desain Layar Tanpa Notch

Karena diciptakan untuk generasi penerus Apple M1, maka CPU Apple M2 tentu tidak akan lebih cepat dari M1 Pro, M1 Max apalagi M1 Ultra.

Saat ini dikabarkan Apple juga sedang mengerjakan rancangan CPU Apple M2 Pro, M2 Max dan M2 Ultra dengan spek paling tinggi di angka 24 Core CPU.

Untuk desain MacBook Air M2, belum ada bocoran yang cukup jelas dari beragam rumor saat ini.

Sejumlah info hanya memberikan bocoran seputar MacBook Air terbaru nanti akan menggunakan CPU M2 namun untuk desain bodi yang akan digunakan masih menjadi rahasia.

MacBook Pro Dihapus?

Apple
Apple

MacBook Pro M1

Tidak hanya MacBook Air, perangkat MacBook Pro 13 inci juga kabarnya akan mendapatkan versi baru yang menggunakan CPU Apple M2.

Baca Juga: Selamat Datang Studio Display! Retina 5K, A13 Bionic, dan Center Stage

Namun sumber berita menyebutkan bahwa Apple mempertimbangkan untuk menghapus nama Pro di perangkat MacBook Pro dan hanya menggunakan nama MacBook.

Karena saat ini Apple sudah memiliki produk MacBook Pro dengan desain baru, menggunakan ukuran layar 14 dan 16 inci.

Sehingga penggunaan nama MacBook Pro dengan tipe 13 inci mungkin akan menjadi penamaan yang membingungkan.

Interestingly, Apple has been internally considering dropping the “Pro” name from this machine, which would become just “MacBook.” That way, it would be rebranded as an entry-level MacBook, which would make sense since a report last year claimed that the redesigned MacBook Air will be “slightly more expensive.”

Lalu kapan MacBook Air dan MacBook 2022 akan dirilis oleh Apple?

Bocoran waktu paling meyakinkan adalah di WWDC bulan Juni mendatang atau mungkin di akhir tahun setelah Apple Event September. Kita tunggu ya!

Editor : Bagus Hernawan