Petinggi Apple Bahas Fitur Universal Control dan Shortcuts for Mac

Rabu, 30 Maret 2022 | 11:29
Apple

Universal Control

Apple telah merilis fitur Universal Control untuk mengendalikan Mac dan iPad dengan 1 kursor dan keyboard saja dan saling berpadu.

Fitur ini dirilis pada update iPadOS 15.4 dan macOS Monterey 12.3 beberapa pekan lalu.

Podcast AppStories yang diisi oleh John Voorhees serta Federico Viticci berkesempatan melakukan wawancaran dengan salah satu petinggi Apple yaitu Vivek Bhardwaj untuk fitur tersebut.

Vivek Bhardwaj selaku Product Manager di Apple yang menangani produk iOS, iPadOS dan macOS bercerita bahwa fitur Universal Control adalah pengembangan dari fitur Apple yang sudah ada sebelumnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple telah membuat beberapa fitur yang dapat menghubungkan 2 platfrom berbeda secara mudah dan cepat untuk semua kalangan pengguna mereka.

Sebut saja kirim dokumen lewat AirDrop, copy paste antar perangkat menggunakan Handoff, SideCar dan mode buka kuncian Mac dengan koneksi ke Apple Watch.

Baca Juga: Kupas Tuntas Universal Control: Cara Pakai, Perangkat yang Mendukung

Kini fitur Universal Control dibagikan sebagai bagian dari pengembangan mode Continuity dari perangkat iPadOS ke macOS.

Bhardwaj juga menjelaskan bahwa semua fitur diatas dibuat dengan fokus pada teknologi Bluetooth low-energy yang ada di perangkat gadget jaman sekarang.

Dengan Bluetooth low-energy, mode koneksi antar perangkat menjadi lebih mudah, cepat, hemat baterai dan dapat mengetahui posisi perangkat lain secara akurat.

“We designed Universal Control with Mac and iPad in mind. So think of it more of pairing these two devices together and then taking full advantage. Lots of Mac users have an iPad, so extending this capability to them is a really powerful experience. (…) It’s not just two devices, these are two different platforms.”

Baca Juga: Kumpulan Video Hands-On dan Review dari Tablet iPad Air 5

Selain membahas Universal Control, Vivek Bhardwaj juga mendapatkan pertanyaan soal fitur Shortcuts di perangkat iOS.

Bagi kamu yang belum tahu, Shortcuts di perangkat iOS sekarang punya fitur untuk tidak memberikan notifikasi kepada pengguna ketika Shortcuts sedang dijalankan.

Dijelaskan bahwa pengguna tetap dapat memperoleh rangkuman dari akses fitur Shortcuts yang digunakan jika diperlukan. Hal ini dibuat untuk menjamin privasi dan keamanan secara maksimal.

Tertarik untuk mendengarkan pembahasan yang lebih detail soal kedua topik di atas? Kamu bisa simak di tautan AppStories berikut ini.

Editor : Bagus Hernawan