Apple Umumkan Tanggal WWDC22! Masih Menggunakan Sistem Online

Selasa, 05 April 2022 | 23:31
Apple

WWDC22

Apple kembali akan menggelar acara tahunan Worldwide Developers Conference alias WWDC!

Sama seperti 2 tahun ke belakang, WWDC22 akan diadakan dengan format online yang artinya tidak ada pertemuan secara langsung dan melibatkan kerumuman seperti tradisi WWDC selama ini yang kamu kenal.

WWDC22 atau WWDC di tahun 2022 akan diadakan secara online sejak tanggal 6–10 Juni 2022.

Apple today announced it will host its annual Worldwide Developers Conference (WWDC) in an online format from June 6 through 10, free for all developers to attend. Building on the success of the past two years of virtual events, WWDC22 will showcase the latest innovations in iOS, iPadOS, macOS, watchOS, and tvOS, while giving developers access to Apple engineers and technologies to learn how to create groundbreaking apps and interactive experiences.

Dengan format online, para pengembang yang terdaftar di Apple Developer dapat menikmati beragam sesi di WWDC secara lengkap dan gratis, tanpa perlu biaya tiket pendaftaran acara atau biaya akomodasi.

Dikutip dari Apple Newsroom, format WWDC yang dibuat secara online ini juga diharapkan dapat membantu komunitas global Apple yang tumbuh lebih dari 30 juta Apple Developer, agar mendapatkan wawasan dan akses ke teknologi dan alat untuk mewujudkan visi mereka menjadi kenyataan.

…At WWDC22, Apple’s growing global community of more than 30 million developers will gain insight and access to the technologies and tools to bring their visions into reality. In addition to the announcements shared from the keynote and State of the Union presentations, this year’s program will also include more information sessions, more cutting-edge learning labs, more digital lounges to engage with attendees, and more localized content to make WWDC22 a truly global event.

Sebagai tambahan, ada hal menarik dan berbeda di WWDC22 dibandingkan 2 acara sebelumnya yang sudah pernah dibuat dalam format online.

Apple akan mengadakan nonton bareng Keynote pembuka WWDC22 termasuk State of the Union secara bersama-sama untuk para Apple Developer dan juga para pelajar di Apple Park, bersamaan dengan Live Streaming Keynote WWDC seperti biasanya.

Jumlah peserta untuk acara offline ini akan dibatasi oleh Apple dan pengumumannya dibagikan menyusul.

In addition to the online conference, Apple will host a special day for developers and students at Apple Park on June 6 to watch the keynote and State of the Union videos together, along with the online community. Space will be limited, and details about how to apply to attend will be provided on the Apple Developer site and app soon.

Tradisi lain yang juga akan tetap dilakukan Apple pada WWDC adalah Swift Student Challenge.

Swift Student Challenge adalah kontes untuk para pelajar dalam membuat aplikasi favorit mereka dengan Swift Playgrounds di perangkat iPadOS. Penjelasan lengkap seputar Swift Student Challenge dapat kamu simak di tautan berikut ini.

Baca Juga: (Rumor) iOS 16 Tidak Kompatibel dengan iPhone 6s dan iPhone SE

Mengenal WWDC

Tim Cook di WWDC 2020

Apa itu WWDC? WWDC alias Worldwide Developers Conference adalah pertemuan tahunan yang dilakukan Apple dengan mengundang puluhan ribu Apple Developer untuk menunjukkan sistem operasi baru yang akan dibagikan pada tahun tersebut. Yaitu iOS, iPadOS, macOS, watchOS dan juga tvOS.

Tidak seperti Apple Event, WWDC biasanya akan dilakukan selama sepekan.

Karena setelah Keynote atau presentasi dari Tim Cook dan jajaran petinggi Apple, ada beragam sesi yang dapat diikuti oleh para tamu alias Apple Developer untuk lebih mengenal fitur baru atau tools yang dikenalkan Apple di sistem operasi terbarunya.

Biasanya setelah WWDC, Apple akan merilis update sistem operasi seri terbaru tersebut dalam label Developer Beta.

Update versi Developer Beta akan diberikan secara reguler setiap beberapa pekan dan terus hingga versi final.

Nantinya untuk merilis sistem operasi tersebut dalam versi final, biasanya Apple akan mengadakan Apple Event di bulan September sekaligus mengenalkan perangkat iPhone atau gadget baru lainnya.

Editor : Bagus Hernawan