Netflix Akan Hadirkan Iklan untuk Harga Berlangganan yang Lebih Murah

Kamis, 21 April 2022 | 13:05
Investors.com

CEO Netflix, Reed Hastings.

Netflix berencana menghadirkan iklan di platform streamingnya untuk meringankan biaya berlangganan konsumen.

19 April lalu, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa Netflixakan mempertimbangkan pilihanuntuk menawarkan harga berlangganan yang lebih rendah dengan iklan.

Nantinya konsumen bisa memilih harga langganan yang lebih rendah namun dengan kehadiran iklan di aplikasi.

Baca Juga: Netflix Siapkan Harga Lebih Mahal untuk Pengguna Tidak Serumah

Hastings mengungkapkan pernyataan tersebut dalam laporan pendapatan Netflix di Q1 2022.

Hastings mengakui bahwa memperkenalkan konten yang didukung iklan akan menjadi perbahan besardari segi mindset untuk perusahaan.

Secara historis, Netflix teguh melawan kerumitan dunia periklanan digital dan merupakan penggemar berat kesederhanaan berlangganan.

Setelah bertahun-tahun menolak menghadirkan iklan, Neflix kini memutuskan bersedia untuk menghadirkan iklan di platformnya.

Lantas, apa yang membuat Netflix berubah pendirian terkait iklan di platform streamingnya?

Hastings mengungkapkan gagasan tentang iklan di Netflix karena mendengar permintaan konsumen yang ingin mendapatkan harga berlangganan yang lebih rendah.

Ia merasa bahwa Netflix harus lebih toleran terhadap iklan jika ingin mewujudkan permintaan konsumen.

Netflix sendiri berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginan pelanggan setianya karena mereka telah kehilangan banyak pelanggan di Q1 2022.

Tak main-main, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan secara global.

Angka ini menjadi yang terbesar bagi Netflix dalam satu dekade terakhir.

Kemudian, Netflix juga memperkirakan akan kehilangan 2 juta pelanggan lagi pada kuartal kedua tahun 2022 jika tak ada perubahan yang signifikan dari segi layanan.

MaxPixel's contributors
MaxPixel's contributors

Ilustrasi menonton tayangan Netflix

Baca Juga: Netflix dan TikTok Hentikan Layanan di Rusia, Simak Penyebabnya!

Ekspansi ke Siaran Langsung Olahraga

Selain menghadirkan iklan, Netflix juga akan melakukan ekspansi ke bidang olahraga.

Co-CEO Netflix, Ted Sarandos telah menjelaskan hal yang perlu dipersiapkan Netflix untuk melakukan ekspansi ke layanan siaran langsung olahraga.

"Saya tidak mengatakan bahwa kami tidak akan pernah melakukan (ekspansi) olahraga, tetapi kami harus melihat jalan untuk menumbuhkan aliran pendapatan yang besar dan aliran keuntungan yang besar dengan itu," ujar Ted Sanders seperti dilansir dari Deadline.

Baca Juga: Netflix Games for iOS Resmi Dirilis, Ada 5 Game yang Bisa Dimainkan!

Netflix banyak kehilangan pelanggannya karena persaingan di industri streaming film/serial tv yang semakin ketat.

Pesaing seperti Hulu, Peacock, dan HBO Max menawarkan paket yang memungkinkan konsumen membayar lebih sedikit dengan adanya iklan di dalam platform.

Bagaimana pendapat sobat MakeMac terkait rencana penambahan iklan di platform Netflix? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan