Daftar Fitur Baru watchOS 9 untuk Tetap Terhubung, Aktif dan Sehat

Rabu, 08 Juni 2022 | 13:46
Apple

watchOS 9

Apple telah mengenalkan watchOS 9 di WWDC22 bersama dengan iOS 16, iPadOS 16 dan macOS Ventura.

Update sistem operasi untuk Apple Watcj ini membawa sejumlah fitur baru. Tahun ini watchOS 9 fokus pada penambahan fitur untuk membantu kamu tetap terhubung, aktif dan hidup semakin sehat.

Dikutip dari Apple Newsroom, berikut ini sejumlah fitur baru di watchOS 9 yang wajib kamu tahu.

Watch Face Baru

Lunar Watch Face

Update watchOS 9 membawa beberapa Watch Face baru. Daftarnya adalah Lunar, Playtime, Metropolitan dan Astronomy.

Selain itu sejumlah Watch Face lawas juga mendapatkan update tampilan yang mendukung tampilan Complications modern. Diantaranya adalah Utility, Simple, Activity Analog, Modular, Modular Compact dan X-Large.

Update menarik lain juga diberikan untuk Portraits Watch Face yang sekarang bisa mendeteksi wajah dari hewan anjing, kucing atau gambar pemandangan.

Apple juga memberikan update Focus Link agar setiap Watch Face yang kamu gunakan bisa bersinergi dengan pengaturan Focus yang diperlukan.

Update Aplikasi Workout

Update Workot

Aplikasi Workout di watchOS 9 kini mendukung lebih banyak metrik data untuk mencatat performa olahraga yang kamu lakukan.

Selain itu watchOS 9 juga dibekali dengan beragam jenis latihan baru untuk membantu kamu mencapai target kebugaran.

Apple juga memberikan fitur Custom Workouts untuk membantu pengguna membuat jenis Workouts sesuai kebutuhan, lengkap dengan durasi waktu istirahat yang diperlukan.

Fitur pengingat juga kini ditambahkan untuk beberapa deteksi penting seperti pace, power, heart rate dan juga cadence.

Workout Multisport watchOS 9

Tambahan lainnya adalah mode Workout Multisport untuk kamu yang ingin melakukan triathlon misalnya. Kamu bisa membuat Workout Multisport contohnya untuk kegiatan berenang, bersepeda, dan lari.

Workout Multisport mendeteksi gerakan dan pola secara otomatis sehingga saat setiap Workout selesai dan berganti, kamu tidak perlu menekan tombol apapun di Apple Watch.

Apple Fitness+ Workouts

Apple Fitness+ Workouts watchOS 9

Layanan Apple Fitness+ di watchOS 9 kini menampilkan panduan langsung di layar untuk data Intensity for HIIT, Cycling, Rowing, and TreadmillStrokes per Minute (SPM) for Rowing; Revolutions per Minute (RPM) for Cycling dan masih banyak lainnya.

Pelanggan Fitness+ tanpa Apple TV sekarang dapat menggunakan AirPlay untuk streaming latihan dan meditasi dengan metrik di layar, ke perangkat TV dan perangkat pihak ketiga yang kompatibel, memungkinkan kamu untuk berlatih di mana saja, kapan saja.

Update Aplikasi Sleep

Sleep Stages watchOS 9

Sleep, fitur untuk pencatat waktu tidur di watchOS 9 punya banyak update menarik!

Kini kamu dapat memperoleh data yang lebih lengkap, salah satunya adalah Sleep Stages atau tahapan tidur.

Sleep Stages menggunakan data accelerometer dan heart rate sensor. Apple Watch dapat mendeteksi tahapan tidur seperti REM, Core dan Deep Sleep.

Kamu setelah itu dapat melihat tahapan tidur di Apple Watch lengkap dengan data yang diperlukan seperti heart rate dan respiratory rate.

AFib History

AFib History

Dengan watchOS 9, pengguna yang didiagnosis dengan AFib dapat mengaktifkan fitur Riwayat AFib yang disetujui FDA dan mengakses informasi penting, termasuk perkiraan seberapa sering irama jantung pengguna menunjukkan tanda-tanda AFib.

Tujuannya adalah memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kondisi pengguna. Kamu juga dapat menerima pemberitahuan mingguan untuk memahami frekuensi dan melihat riwayat terperinci di Health, termasuk faktor gaya hidup yang dapat memengaruhi AFib, seperti tidur, konsumsi alkohol, dan olahraga.

Pengguna dapat mengunduh dokumen PDF dengan riwayat terperinci tentang AFib dan faktor gaya hidup. Dokumen ini dapat dengan mudah dibagikan dengan dokter dan penyedia layanan untuk kebutuhan medis.

Medications

Medications watchOS 9

Apakah kamu punya kebutuhan untuk minum obat secara rutin? Di watchOS terbaru ini ada fitur Medications yang dapat digunakan untuk pengingat jadwal minum obat, vitamin dan supplement atau lainnya.

Kamu juga bisa membua pengingat jadwal kustomisasi untuk minum obat sesuai resep yang diberikan dokter, serta ada fitur pengingat jika ada kemungkinan interaksi antar obat yang dapat berbahaya.

Sejumlah Fitur Baru Lain di watchOS 9

Classic Watch Face watchOS 9

  • Notifikasi di watchOS 9 dibuat lebih sedikit mengganggu tampilan ketika layar sedang digunakan. Yaitu dengan membuat garis banner ketika Apple Watch sedang digunakan.

  • Family Setup kini mendukung aplikasi Home, sehingga anggota dalam status anak dapat ikut mengendalikan speaker HomePod atau aksesoris lainnya.

  • Quick Actions mendukung double-pinch gesture untuk menerima dan menutup telepon, mengambil foto, putar dan stop Music dan masih banyak lainnya.

  • Apple Watch Mirroring adalah fitur baru untuk mengendalikan perangkat Apple Watch lewat tampilan di layar iPhone. Fitur ini dapat dikombinasikan dengan Voice Control dan Switch Control.

Kapan watchOS 9 Rilis?

Update watchOS 9 akan dibagikan untuk pengguna umum pada musim gugur atau sekitar September 2022 nanti.

Saat ini watchOS 9 baru tersedia dalam label Developer Beta dan sebentar lagi akan hadir untuk Public Beta.

Editor : Bagus Hernawan