iPadOS 16 Bawa Fitur DriverKit untuk Pengembang Hardware

Jumat, 10 Juni 2022 | 07:38
Apple

iPad Pro M1

Apple punya teknologi baru untuk iPadOS 16 yang baru saja dikenalkan di salah satu sesi WWDC22.

Teknologi ini bernama DriverKit untuk membantu pengembang aplikasi membuat driver, agar hardware buatan mereka lebih kompatibel terhadap tipe iPad yang akan kamu gunakan.

Contoh perangkat yang bisa menggunakan driver agar lebih mendukung di iPadOS adalah akseosris audio dengan koneksi Thunderbolt atau mikrofon dan sejenisnya.

Dikutip dari 9To5Mac, DriverKit sudah dirilis Apple untuk komputer Mac sejak era macOS Catalina dan sekarang dibawa ke iPadOS 16.

This year, Apple is bringing DriverKit to the iPad with iPadOS 16, so that device and accessory makers can also create specific drivers to make their products compatible with the iPad.

Baca Juga: 6 Fitur Baru Photos iOS 16: Kunci Album Hingga Copy Foto Tanpa Background

Bagi pengembang yang sudah menggunakan DriverKit di macOS yang mendukung Apple Silicon, bisa dengan mudah menambahkan dukungan DriverKit untuk iPadOS 16.

Masih dari laman sumber berita, saat ini DriverKit di iPadOS 16 hanya mendukung produk iPad Pro M1 saja.

Apple tidak menjelaskan alasan kenapa hanya iPad Pro M1 saja yang mendukung DriverKit. Namun kemungkinan hal ini dilakukan karena saat ini hanya iPad Pro M1 saja yang menggunakan port Thunderbolt. Sedangkan produk iPad Air M1 masih menggunakan standar USB 3.1 gen 2.

Apple juga menjelaskan bahwa driver di iPadOS 16 nanti akan berupa pengaturan tambahan di Settings. Pengguna juga bisa menekan pengaturan ON/ OFF untuk setiap penggunana driver di perangkat yang sedang terhubung.

Jika kamu ingin mengetahui penjelasan lebih lengkap seputar DriverKit di iPadOS 16, silakan simak video sesi WWDC22 dari Apple berikut ini ya.

Editor : Bagus Hernawan