Jangan Salah! Ini Bedanya Emoji, Animoji dan Memoji di iPhone

Senin, 11 Juli 2022 | 21:40
MakeMac

Jangan Salah! Ini Bedanya Emoji, Animoji dan Memoji di iPhone

Sebelumnya kita sudah belajar menggunakan Emoji untuk pengguna iPhone baru.

Sekarang mari kita bahas apa bedanya Emoji, Animoji dan Memoji di iPhone?

Apakah semua iPhone bisa menggunakan Animoji? Apakah arti dari Memoji dan bagaimana cara menggunakan Animoji atau Memoji untuk menggantikan Emoji? Yuk kita bahas langsung!

Bedanya Emoji, Animoji dan Memoji di iPhone

Emoji

MakeMac
MakeMac

Cara menggunakan Emoji Keyboard di iPhone

Emoji adalah sekumpulan gambar dengan standar tertentu yang mewakili berbagai hal seperti smiley, hewan, kegiatan dan objek sehari-hari, makanan dan lain sebagainya.

Emoji berasal dari Jepang yang merupakan pengembangan dari Emoticon. Biasanya Emoji digunakan untuk melengkapi pesan teks elektronik agar memberikan emosi atau perasaan yang lebih menarik saat saling berkirim pesan.

Emoji dibuat menggunakan standar Unicode dan setiap tahun mendapatkan update untuk penambahan karakter baru.

Setiap platform yaitu Apple, Google, Microsoft dan lain sebagainya punya standar Emoji masing-masing namun dengan kode Unicode yang seragam.

Sehingga ketika kamu mengirimkan sebuah Emoji dari iPhone, kode Unicode yang sama akan tampil di peneriman dengan perangkat Android dan menunjukkan Emoji yang sama meskipun punya desain gambar sediki berbeda.

Panduan untuk menggunakan Emoji di iPhone dapat kamu baca di artikel berikut ini.

Baca Juga: 3 Cara Menggunakan Emoji di iPhone iOS 15, Pemula Wajib Tahu!

Animoji

Apple
Apple

Animoji di iPhone

Apple tidak pernah menjelaskan apakah Animoji hanya sebuah nama atau berupa singkatan.

Namun supaya kamu mudah menghapalkan, Animoji bisa diingat sebagai “Animation Emoji”.

Secara singkat, Animoji adalah sekumpulkan karakter gambar yang mirip Emoji namun mendukung fitur pengenalan wajah dengan Face ID, untuk membuatnya dapat mengikuti gerakan wajah pengguna.

Kamu dapat merekam sebuah Animoji menjadi video pendek yang mengikuti gerakan wajah contohnya bergeleng kepala, berkedip, menggerakkan bibir dan termasuk rekaman suara.

Beberapa aplikasi yang mendukung fitur ini adalah iMessage, FaceTime dan Apple Clips.

Fitur Animoji pertama kali rilis di tahun 2017, bersama dengan perangkat iPhone X. Kamu dapat menggunakan fitur ini di iPhone X atau yang lebih baru dan sudah mendukung Face ID untuk deteksi sensor gerakan wajah pengguna.

Baca Juga: Aplikasi Rekam Video Apple Clips Akhirnya Mendukung Animoji dan Memoji

Memoji

Apple
Apple

Membuat karakter Memoji

Setelah merilis Animoji di tahun 2017, Apple melanjutkan dengan fitur baru yaitu Memoji di tahun 2018.

Apa bedanya Animoji dan Memoji? Jika Animoji berisi beragam gambar hewan yang lucu, Memoji menggunakan karakter wajah pengguna.

Agar mudah diingat, saya biasa memikirkan bahwa Memoji adalah kepanjangan dari “My Emoji” atau membuat karakter Emoji sendiri sesuai detail wajah.

Contoh detail wajah yang dimaksud adalah warna kulit, tipe rambut, ukuran mata, aksesoris kacamata, topi, baju, dan lain sebagainya.

Apple
Apple

Memoji Sticker

Sama seperti Animoji, kamu bisa menggunakan Memoji dengan fitur merekam gerakan wajah dan menjadikannya video pendek di iMessage atau Apple Clips.

Baik Animoji ataupun Emoji juga mendukung fitur Sticker untuk dijadikan gambar yang bisa digunakan untuk memberikan reaksi di pesan iMessage atau kirim sebagai stiker chat biasa di aplikasi lainnya. Untuk fitur Stiker Animoji ini bisa digunakan di semua iPhone yang mendukung iOS 12 atau lebih baru.

Jadi gimana, sudah paham bedanya Emoji, Animoji dan Memoji? Selamat mencoba ya!

Editor : Bagus Hernawan