(Video) Modifikasi AirPods dengan Port USB-C, Dibantu Printer 3D!

Jumat, 22 Juli 2022 | 13:08
Ken Pillonel

Modifikasi AirPods dengan Port USB-C

Apple sudah menggunakan port Lightning sejak perangkat iPhone 5 alias 10 tahun lalu.

Tidak hanya iPhone, beragam gadget Apple juga sudah menggunakan teknologi usang ini karena sudah berumur 1 dekade.

Salah satunya yang pasti kamu tahu adalah AirPods. TWS dari Apple ini menggunakan port Lightning untuk setiap generasinya. Mulai dari AirPods pertama hingga yang paling mahal yaitu AirPods Max.

Beberapa bulan lalu, seorang Apple Fanboy yang juga seorang penggemar gadget yaitu Ken Pillonel, telah melakukan modifikasi iPhone dengan port USB-C dan menjadi yang pertama di dunia.

Kini Ken Pillonel melakukan eksperimen lain yang sudah ditunggu oleh penggemar Apple sedunia. Yaitu mengubah AirPods yang menggunakan Lightning menjadi USB-C.

Dia menjelaskan langkah panjang yang dilakukan untuk mengubah AirPods ke USB-C.

Baca Juga: (Video) iPhone Pertama di Dunia dengan Port USB-C

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan cara untuk membongkar charging case di AirPods dengan kerusakan paling minimal.

Namun sayangnya cara ini tidak ada, karena Apple memang tidak membuat desain bodi AirPods yang mudah diganti.

Akhirnya dia menemukan cara untuk memotong bodi AirPods secara vertikal dari bagian tepiatn untuk mencegah komponen lainnya rusak.

Kemudian Ken Pillonel membuat bodi baru untuk bagian luar charging case AirPods dengan teknik 3d printing. Dia menggunakan 2 mesin 3D printing untuk membuat hasil yang paling halus dan sepintas tidak terlihat pernah dibongkar sama sekali.

Setelah menemukan cara membuat bodi charging case AirPods, uji coba yang dilakukan berlanjut ke port charging.

Dia membuat desain kabel fleksibel USB-C yang terhubung ke bagian pengisian baterai di bodi AirPods. Setelah semuanya dirasa pas dan lengkap, AirPods dengan USB-C hasil modifikasi Ken Pillonel selesai dibuat dan semuanya berfungsi secara normal.

Catatan paling menarik dari semua uji coba Ken Pillonel adalah dia membuat dokumentasi secara open source. Itu artinya siapa saja yang tertarik membuat produk Apple dengan modifikasi USB-C seperti iPhone dan AirPods, dapat memanfaatkan file 3D dan penjelasan lengkap dari Ken Pillonel secara gratis.

Editor : Bagus Hernawan