Apple dilaporkan tengah bersiap melakukan ekspansi bisnis periklanan di ekosistem produknya.
Berdasarkan laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple berencana untuk menghadirkan lebih banyak iklan di iPhone, Mac, hingga iPad.
Menurut Gurman, Apple akan membuat ruang iklan baru di aplikasi besutannya seperti Maps, Books, dan Podcasts.
Apple telah menguji coba penempatan iklan internal di hasil pencarian Maps yang dapat menampilkan rekomendasi saatpengguna mencari restoran, toko, atau bisnis terdekat lainnya.
Baca Juga: Apple Tambah Slot Iklan di Homepage dan Halaman Produk App Store
Sama seperti iklan di App Store, sistem iklan di aplikasi Maps akan memunculkan bisnis yang beriklan pada bagian atas hasil pencarian ketika pengguna memasukan keyword tertentu.
Gurman memprediksi uji coba iklan baru di Maps merupakan sebuah permulaan bagi ekspansi besar sistem iklan Apple.
Gurman meyakini Apple akan menambahkan iklan di aplikasi Books dan Podcast yang saat ini masih bebas iklan.
Gurman juga menyebutkan potensi peluncuran iklan di Apple TV+ untuk harga berlangganan yang lebih terjangkau.
Nampaknya, Apple mulai mengikuti jejak Disney+ Hotstar dan Netflix yang juga mulai menerapkan iklan di layanan streamingnya untuk memangkas biaya berlangganan pelanggan.
Baca Juga: Netflix Dibantu Microsoft, Rilis Langganan Murah dengan Iklan
Ekspansi iklan Apple ini tercatat menjadi yang kedua di tahun 2022 ini.
Sebelumnya, Apple telah mengumumkan penambahan 2 slot iklan baru di App Store pada akhir Juli lalu.
2 slot iklan baru ini berada di bagian homepage App Store 'Today' serta di halaman aplikasi individual.
Penambahan slot iklan baru di App Store memungkinkan pengembang untuk menjangkau pengguna secara lebih luas melalui iklan.
Ekspansi iklan Apple membuat App Store sekarang menyediakan 4 slot iklan yaitu di homepage, halaman aplikasi, hasil penelusuran, dan di luar tab penelusuran.
Baca Juga: Tampil di Iklan AirPods, Harry Styles Donasikan Pendapatannya
Jika laporan Gurman benar, pengguna iPhone, iPad, dan Mac akan melihat lebih banyak iklan di perngkat mereka.
Hal ini tentu saja mengingatkan kita pada karakteristik HP pabrikan China yang menyematkan iklan di dalam aplikasi besutan mereka.
Penulis sendiri merasa kehadiran iklan di aplikasi Maps, Podcasts, dan Books tak menjadi masalah selama Apple memberikan identitas pada iklan dan tak mempengaruhi algoritma aplikasi.
Bagaimana pendapat sobat MakeMac terkait kabar panambahan iklan baru di iPhone, iPad, dan Mac ini? Bagikan di kolom komentar ya!
(*)